Game Nokia N-Gage Kini Bisa Dimainkan di Android

Kompas.com - 19/04/2021, 19:02 WIB
Nokia N-Gage. NokiaNokia N-Gage.

KOMPAS.com - N-Gage sempat menarik perhatian di masa kejayaan Nokia dulu lantaran dirancang khusus sebagai ponsel yang ideal untuk menjalankan game.

Ponsel Symbian ini berbentuk mirip konsol portabel dengan sebuah layar warna di bagian tengah, diapit oleh keypad numerik di sisi kanan dan tombol arah alias D-Pad di sisi kiri.

Meski sudah lama tidak diproduksi, aneka game untuk N-Gage kini bisa dimainkan di perangkat Android, lewat emulator bernama  EKA2L1 yang menjalankan sistem operasi Symbian versi S60v1, S60v3, dan S60v5.

Baca juga: Nokia Luncurkan 6 Smartphone Sekaligus dengan Penamaan Baru

Judul-judul game Nokia N-Gage yang bisa dimainkan antara lain Crash Bandicoot Nitro Kart 3D, The Sims 2 Pets, Tomb Raider: Legends, Worms War Party, Assassin's Creed, Rayman 3, 7 Days Savalation, dan Lament Island.

Game Symbian Crash Bandicoot Nitro Kart 3D berjalan di emulator EKA2L1 EKA2L1 Game Symbian Crash Bandicoot Nitro Kart 3D berjalan di emulator EKA2L1

Emulator EKA2L1 sendiri dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Menurut catatan pengembang, emulator EKA2L1 dapat digunakan pada perangkat Android 64-bit.

Dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (19/4/2021), jika digunakan dengan perangkat lunak yang kompatibel, EKA2L1 bisa menjalankan game pada framerate yang lebih tinggi daripada perangkat N-Gage asli.

Baca juga: Studi Ungkap Kenapa Nokia Bangkrut

Perlu diperhatikan bahwa emulator ini tidak dilengkapi dengan ROM game. Artinya, pengguna harus mencari ROM game secara terpisah sebelum bisa memainkan game yang diinginkan.

Selain dapat digunakan pada perangkat Android, emulator EKA2L1 juga tersedia untuk versi PC yang dapat diunduh melalui tautan berikut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X