Tampilan Baru Zoom dengan Immersive View, Tatap Muka Lebih Nyata

Kompas.com - 28/04/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi fitur Immersive View di Zoom. ZoomIlustrasi fitur Immersive View di Zoom.

KOMPAS.com - Aplikasi Zoom versi 5.6.4 dibekali dengan fitur baru yang bakal menciptakan suasana tatap muka virtual menjadi lebih nyata.

Fitur ini dinamai Immersive View dan sudah bisa dijajal oleh pengguna desktop (Windows/MacOS), baik itu gratisan (Basic) maupun berbayar (Pro).

Dengan fitur tersebut, tampilan video pengguna akan dimuat dalam satu virtual background yang merepresentasikan sebuah tempat, misalnya auditorium, ruangan kelas, dan lain sebagainya.

Fitur ini sendiri hanya bisa diaktifkan oleh pembuat ruangan (host) dengan menekan tombol "View" yang ada di tampilan utama ruangan virtual Zoom. Lalu, klik "Immersive Scene" yang berada di bawah menu "Speaker View" dan "Gallery View".

Baca juga: Cara Membuat Breakout Rooms, Ruang Obrolan Tambahan di Zoom

Beberapa saat kemudian, pengguna akan disodori dengan sejumlah opsi virtual background yang telah tersedia, lengkap dengan jumlah partisipan yang bisa dimuat dalam tempat virtual tersebut.

Gambar virtual background ruangan "Auditorium", misalnya, memungkinkan 25 pengguna duduk di tiap kursi yang disediakan. Kemudian ada "Boardroom" dengan sejumlah kursi yang bisa memuat hingga 6 orang, "Kitchen" maksimal 2 orang, dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Opsi virtual background yang bisa menampilkan mode Immersive View, lengkap dengan jumlah maksimal partisipan yang bisa dimuat dalam tempat virtual tersebut.KOMPAS.com/Bill Clinten Opsi virtual background yang bisa menampilkan mode Immersive View, lengkap dengan jumlah maksimal partisipan yang bisa dimuat dalam tempat virtual tersebut.

Sang host juga bisa menjadikan tampilan videonya menjadi ruangan virtual untuk seluruh partisipan, serta menggunakan gambar custom yang bisa diupload dengan meng-klik ikon "+".

Adapun maksimal jumlah partisipan yang bisa dimuat dalam satu virtual background bisa mencapai 25 orang, tergantung tempat virtual yang dipilih oleh host. Untuk gambar custom dan tampilan video virtual host, jumlah peserta maksimalnya juga 25 orang.

Masih di jendela pemilihan virtual background, host juga bisa mengatur penempatan peserta, bisa otomatis (Automatically) atau manual (Manually). 

Jika memilih opsi Automatically, maka seluruh peserta akan secara otomatis ditempatkan di kursi kosong yang tersedia, boleh jadi sesuai dengan urutan waktu kapan mereka masuk ke ruangan tersebut meeting tersebut. 

Baca juga: Filter Zoom Ubah Wajah Pengacara Jadi Kucing Saat Sidang Online

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X