Juan Joya Borja, Pria yang Viral Jadi Meme Ketawa Meninggal Dunia

Kompas.com - 29/04/2021, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Komedian asal Spanyol, Juan Joya Borja tutup usia pada Rabu (28/4/2021) lalu. Pria tersebut viral sebagai "Spanish Laughing Guy" karena meme ketawanya tersebar di internet.

Borja meninggal pada usia 65 tahun. Koran Spanyol melaporkan Borja meninggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya bertahun-tahun. Bahkan pada 2020 lalu, Borja dikabarkan banyak menghabiskan waktu di rumah sakit.

Semasa hidupnya, Juan Joya Borja juga dikenal dengan sebutan "The Giggles" karena memiliki gaya ketawa yang unik yang membuat ekpresinya itu dijadikan sebuah meme lucu dan viral di media sosial.

Baca juga: Kucing Putih dalam Meme Longcat Mati pada Usia 18 Tahun

Juan Joya Borja pertama kali memulai debutnya sejak ia muncul di salah satu program televisi lokal bernama Ratones Coloraos pada tahun 2007.

Di acara itu, Juan Joya Borja menceritakan kisah lucu tentang pengalamannya di dunia kerja. Ia mengatakan bahwa dirinya pernah ditugaskan untuk membersihkan sebuah panci berjamur.

Borja menganggap ceritanya itu sangat lucu. Alhasil, pembawa acara bernama Jesus Quinterose dan Borja pun tidak berhenti tertawa sepanjang acara berlangsung.

Video perbincangan lucu tersebut kemudian diunggah oleh Ratones Coloraos di kanal YouTube mereka dan populer di Spanyol.

Barulah sekitar tahun 2014, wajah Juan Joya Borja mulai digunakan banyak orang untuk dijadikan meme, parodi, dan diedit dengan kreasi kata-kata lucu lainnya.

Baca juga: Asal Muasal 10 Istilah Populer di Internet, dari Meme hingga Troll

Tak hanya menjadi ikon meme, wajah Juan Joya Borja juga menginspirasi emoji KEKW dalam platform streaming Twitch.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Vice, Kamis (29/4/2021), Borja juga sempat mengomentari dan memberikan celotehan lucu untuk produk MacBook Apple yang dirilis pada tahun 2015 lalu.

Aksi tertawanya pun dipercaya membuat banyak orang ikut senang dan bahagia saat melihat ekpresinya.

Kepergian Juan Joya Borja tentu membawa kenangan tersendiri di mata banyak penggemarnya. Selamat jalan Borja!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Vice


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.