Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GPU Nvidia GeForce RTX 3050 dan 3050 Ti Hadir Perdana di Laptop Samsung

Kompas.com - 01/05/2021, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pekan ini Samsung meresmikan kehadiran empat laptop terbarunya dari seri Galaxy Book. Salah satunya, Galaxy Book Odyssey 15,6 inci (1080p), merupakan laptop gaming yang dirancang agar bertenaga besar.

Galaxy Book Odyssey ternyata juga menggunakan pengolah grafis (GPU) GeForce RTX 3050 atau GeForce RTX 3050 Ti yang sebelumnya belum pernah diumumkan oleh Nvidia ataupun hadir di produk lain.

Selain belum resmi diumumkan oleh pembuatnya, Samsung sendiri tidak menjelaskan seperti apa spesifikasi GeForce RTX 3050 dan GeForce RTX 3050 Ti sehingga kinerja keduanya sulit ditakar.

Baca juga: Samsung Perkenalkan 4 Laptop Galaxy Book Terbaru

GeForce RTX 3050 Ti sempat muncul di situs Asus untuk laman laptop gaming TUF Dash F15. Di sana disebutkan bahwa GPU ini memiliki RAM 4 GB berjenis GDDR6 dengan 128-bit memory bus dan total graphics power (TGP) 60 watt.

Tidak ada informasi mengenai "saudaranya", GeForce RTX 3050. Tetapi, apabila kabar tadi akurat, maka Galaxy Book Odyssey agaknya merupakan laptop gaming yang membidik pasar entry-level yang biasanya diisi oleh para gamer pemula.

GPU GeForce RTX 3050 /3050 Ti di Galaxy Book Odyssey tadi bisa dipadankan dengan prosesor (CPU) Intel Core i5/i7 H-Series (Gen-11), RAM hingga 32 GB, dan SSD hingga 2 TB.

Baca juga: Nvidia GeForce RTX 3060 Meluncur, Kartu Grafis dengan Harga Terjangkau

Fitur pendukung lainnya mencakup modul webcam 720p, pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di tombol power, serta teknologi sistem pendingin terbaru yang diklaim bisa meredam panas ketika perangkat dipakai bermain game.

Untuk konektivitas, perangkat ini dibekali dengan dua konektor USB tipe-C, tiga port USB 3,2, serta satu buah port HDMI dan LAN.

Galaxy Book Odyssey terbaru hadir dalam warna Mystic Black dan akan dijual mulai Agustus mendatang dengan harga termurah 1.400 dolar AS atau sekitar Rp 20,2 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Sabtu (1/5/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com