Asal Mula Nama Bluetooth yang Terinspirasi dari Raja Viking

Kompas.com - 02/05/2021, 03:08 WIB
Ilustrasi Bluetooth Android AuthorityIlustrasi Bluetooth

KOMPAS.com - Bluetooth menjadi salah satu fitur penting yang wajib ada di smartphone, PC, atau perangkat wearable device.

Secara umum, Bluetooth adalah teknologi koneksivitas jarak pendek tanpa kabel (wireless), yang berfungsi mengirim dan menerima sejumlah data atau file.

Bluetooth bisa digunakan untuk mengirim dokumen berupa gambar, audio, video, dan data lainnya dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Saat ini, fungsi Bluetooth semakin luas karena semakin banyak perangkat nirkabel yang harus terkoneksi dengan perangkat lain lewat sambungan Bluetooth.

Namun, pernahkah bertanya-tanya mengapa dinamakan "Bluetooth" yang jika diartikan secara harfiah dalam bahasa Indonesia, berarti "gigi biru"?

Baca juga: Bluetooth 5.1 Bisa Lacak Perangkat Lain dengan Akurat

Nama "Bluetooth" ternyata terinspirasi dari sejarah Skandinavia dan logo ikoniknya memiliki arti tersembunyi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Coba perhatikan lekat-lekat logo Bluetooth. Logo tersebut sejatinya adalah dua huruf rune Younger Futhark, yakni "Hagall" (H) dan "Bjarkan" (B) yang digabung menjadi satu seperti ilustrasi di bawah ini.

Logo Bluetooth berasal dari huruf Hagall (H) dan Bjarkan (B). Grapheine.com Logo Bluetooth berasal dari huruf Hagall (H) dan Bjarkan (B).
Sedikit informasi, Younger Futhark atau yang dikenal pula dengan sebutan rune Skandinavia dalah alfabet rune yang terdiri dari 16 karakter.

Rune ini ditemukan di Skandinavia dan pemukiman zaman Viking yang ada di luar negeri yang digunakan sekitar abad ke-9 dan seterusnya.

Jika dicocokan dengan alfabet saat ini, dua huruf tersebut merujuk pada huruf "H" dan "B" yang merupakan inisial dari King Harald "Blatand" Gormsson. Ia adalah Raja Viking yang menguasai Denmark dan Norwegia dari tahun 958-985.

Halaman:


Sumber Bluetooth
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X