Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cinta Bill Gates dan Melinda Gates, Sejoli Murah Hati yang Kini Bercerai

Kompas.com - 04/05/2021, 08:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasangan miliarder filantropi, Bill Gates dan Melinda Gates, baru saja mengumumkan perceraian mereka. Keputusan ini diambil setelah pernikahan keduanya berjalan selama 27 tahun.

"Setelah banyak pertimbangan dan usaha untuk hubungan kami, kami membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan," tulis Bill dalam sebuah tangkapan layar catatan yang diunggahnya di akun Twitter dengan handle @billGates.

"Selama lebih dari 27 tahun, kami membesarkan tiga anak-anak yang luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja untuk seluruh dunia demi memungkinkan semua orang menjalani hidup yang sehat dan produktif," imbuh Bill.

Beberapa orang sempat menjadikan pasangan ini sebagai "couple goal". Betapa tidak, Bill dan Melinda sama-sama memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Baca juga: Profil Bill Gates, Pendiri Microsoft yang Putus Kuliah demi Kejar Mimpi

Keduanya bahkan mendirikan Bill and Melinda Foundations yang memiliki visi membantu orang-orang di seluruh dunia hidup sehat dan produktif.

Mereka juga terlibat dalam pendirian yayasan Giving Pledge, bersama sahabat mereka sekaligus konglomerat Warren Buffet.

"Cinlok" di Microsoft

Selama ini, media lebih banyak menyorot tentang kehidupan sosial pasangan ini melalui yayasan mereka. Belum banyak yang mengetahui bagaimana sejoli nan murah hati ini bertemu puluhan tahun lalu.

Sepotong kisah cinta awal mereka terungkap di serial dokumenter Inside Bill's Brain: Decoding Bill Gates yang tayang di Netflix. Bill dan Melinda kali pertama bertemu pada 1987 silam.

Bisa dibilang, Bill dan Melinda terlibat "cinlok" alias cinta lokasi di kantor mereka. Saat itu, Melinda adalah karyawan baru dan menjabat sebagai Product Manager di Microsoft.

Baca juga: Menengok Sejarah Microsoft, dari DOS hingga Windows dan Xbox

Baru tiga minggu direkrut, Melinda ditugaskan ke New York untuk bertemu sang pendiri perusahaan, Bill Gates. Dalam sebuah perjamuan makan malam, Bill duduk di samping Melinda.

"Ada dua kursi kosong, saya duduk di salah satunya. Kursi sebelah masih kosong. Sepuluh menit kemudian, Bill datang dan duduk di samping saya," kenang Melinda dalam episode The David Rubenstein Show: Peer-to-Peer Conversations, dirangkum dari Cheat Sheet.

Setelah makan malam, Bill mengajak Melinda berdansa dengannya dan beberapa kawan. Sayangnya, Melinda menolak tawaran bos besarnya dan mengatakan bahwa dia sudah punya janji dengan temannya. Keduanya lalu berpisah dan tidak bertemu setelah beberapa bulan.

Masa-masa pendekatan

Lama tidak bersua, Bill dan Melinda kembali bertemu di sebuah lapangan parkir di markas besar Microsoft. Keduanya lalu mulai berbincang.

Beberapa waktu kemudian, Bill memberanikan diri untuk mengajak Melinda berkencan dengan modus meminta nomor telepon. Melinda menceritakan bahwa Bill mengajaknya keluar dua pekan ke depan.

"Dua minggu lagi? Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan dua minggu dari sekarang. Anda tidak cukup mengejutkan buat saya," kata Melinda yang terkesan menolak ajakan Bill.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com