Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seagate Perkenalkan Jajaran SSD Portabel untuk Kreator Konten

Kompas.com - 09/05/2021, 16:20 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Produsen media penyimpanan asal Amerika Serikat (AS), Seagate, meluncurkan perangkat SSD (Solid State Drive) portabel terbarunya bernama One Touch SSD yang ditujukan untuk para kreator konten.

One Touch SSD mengusung desain kotak yang ukurannya tak lebih lebar dari telapak tangan orang dewasa, dengan dimensi fisik 0,42 inci x 1,97 inci x 2,76 inci. Bodinya yang lumayan ramping juga cukup ringkas apabila dimasukkan ke dalam kantong baju atau celana.

Lapisan bahan kain yang menyelimuti bagian depan dan belakangnya menambah kesan lembut dan aman jika di genggam dengan satu tangan.

Baca juga: SanDisk Rilis SSD Portabel Tahan Banting di Indonesia

One Touch SSD menawarkan tiga varian kapasitas penyimpanan, yaitu 500 GB, 1 TB (1.000 gigabyte), dan 2 TB (2.000 gigabyte).

Selain kapasitas yang lega, kelunggulan lainnya terletak pada kemampuan baca/tulis perangkat yang diklaim mencapai 1.030 MB per detik.

Karena dirancang untuk digunakan saat bepergian, One Touch SSD diklaim mampu menahan guncangan saat jatuh dari ketinggian hingga 2 meter.

Seagate One Touch SSDCraving Tech Seagate One Touch SSD
Perangkat ini turut dibekali software Seagate Toolkit dengan dukungan Sync Plus yang berfungsi untuk mensinkronisasi file melalui folder pencadangan.

Ada pula layanan Seagate Rescue Data Recovery Services yang memungkinkan pengguna mengekstrak data mereka dari apabila drive tidak bisa diakses.

Seagate juga menawarkan langganan gratis selama satu tahun untuk mengakses layanan Mylio Create dan member selama empat bulan untuk Adobe Creative Cloud Photography.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Minggu (9/5/2021), One Touch SSD dilengkapi dengan konektor USB-C, USB 3.2, dan USB 3.0.

Baca juga: Pasokan Hard Disk Terancam Langka karena Mata Uang Kripto Ini

One Touch SSD dapat dihubungkan dengan smartphone Android dengan aplikasi Seagate Mobile Touch jika ingin memindahkan data berupa video, foto, atau file lainnya.

One Touch SSD saat ini baru tersedia untuk pasar Eropa. Banderolnya 79,9 Euro (sekitar Rp 1,3 juta) untuk varian 500 GB, 134,9 Euro (sekitar Rp 2,3 juta) untuk model 1 TB, dan 254,9 Euro (sekitar Rp 4,3 juta) untuk versi 2 TB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com