iPhone "Asli" Ternyata Berbentuk Buah Apel

Kompas.com - 14/05/2021, 07:57 WIB
Desain orisinil APple iPhone Patent Images StorageDesain orisinil APple iPhone

KOMPAS.com - Jauh sebelum iPhone dirilis pada 2007, Apple mendaftarkan beberapa desain bakal calon ponselnya. Beberapa di antaranya bahkan sudah didaftarkan di Kantor Paten Amerika Serikat.

Termasuk desain orisinil Apple iPhone. Jika dilihat kembali sketsa desain iPhone di masa lampau, ternyata sangat jauh dengan desain iPhone hari ini. Justru, desain Apple iPhone sangat mirip degan buah apel betulan.

Sketsa desain orisinil Apple iPhone dipublikasi pertama kali oleh Kantor Paten Amerika Serikat pada 1985. Dari sketsa tersebut, Apple iPhone mulanya ingin dibuat sebagai flip phone atau ponsel lipat seperti handphone jadul Motorola.

Hanya saja, cangkangnya dibentuk serupa buah apel dengan gigitan di sisi kanan -persis seperti logo Apple- ketika ponsel dikatupkan.

Apabila dibuka, tampak tombol berformat T9 dan lubang mikrofon di bodi bagian bawah.

Baca juga: Peritel Australia Tarik Apple AirTag dari Penjualan demi Keselamatan Anak

Sementara bodi bagian atas atau bagian tutup, terdapat lubang speaker dan kemungkinan lubang mikrofon yang sama dengan bagian bawah. Paten yang dipublikasikan pada Desember 1985 itu didaftarkan oleh Apple sejak November 1982.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam dokumennya, disebutkan bahwa desain ini dibuat oleh Denny F Rivette dan Harry Disko dan diwakilkan oleh Marvin Glass & Associates. Tidak dijelaskan lebih detail apa bahan yang digunakan untuk cangkang "buah apel" itu.

Desain orisinil Apple iPhone dari sisi depan, sambing dan ketika dibentangkan.Patent Images Storage Desain orisinil Apple iPhone dari sisi depan, sambing dan ketika dibentangkan.
Tidak diketahui pula mengapa Apple tidak memilih desain "unik" tersebut untuk debut produk ponselnya. Namun, jika ditarik ke belakang, tahun 80-an bukanlah tahun yang sepenuhnya baik bagi Apple, khususnya sang pendiri Steve Job.

Saat itu, Steve hengkang karena kegagalan Macintosh. Apple pun masih berusaha bersaing dengan komputer pribadi yang main banyak pesaingnya. Posisi Steve saat itu digantikan oleh John Sculley.

Steve lalu membuat peusahaan komputer baru yang fokus pada segmen pendidikan dan bisnis bernaa NeXT.

Baca juga: 128 Juta iPhone Terjangkit Malware

Halaman:


Sumber Complex
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X