Apple Bikin Konsol Game Pesaing Nintendo Switch?

Kompas.com - 16/05/2021, 12:34 WIB
Ilustrasi Nintendo Switch HipWallpaperIlustrasi Nintendo Switch

KOMPAS.com - Apple tampaknya ingin mulai masuk ke dalam industri game. Perusahaan asal Cuptertino, Amerika Serikat ini disebut tengah menyiapkan sebuah produk baru berupa konsol game.

Rumor ini beredar di forum asal Korea Selatan, Clien.net dan diunggah oleh akun Twitter @FronTron. Akun tersebut kerap mengunggah sejumlah bocoran tentang gadget terkini.

Informasi terkait konsol ini masih misterius. Namun, kabar mengatakan bahwa konsol game yang digarap Apple bakal mengusung konsep "hybrid" yang serupa dengan Nintendo Switch.

Artinya, terdapat kemungkinan jika konsol ini akan dapat dimainkan dalam mode handheld (digenggam) dan bisa dihubungkan dengan TV melalui sebuah dock khusus.

Baca juga: iPhone 6 Meledak, Apple Dituntut

Dikatakan juga bahwa konsol ini nantinya akan hadir dengan chip keluaran terbaru, berbeda dari kebanyakan perangkat Apple lain yang umumnya menggunakan chip A-series dan M-series.

Dari segi performa, konsol baru ini disinyalir akan memiliki kinerja pengolah grafis (GPU) yang lebih baik dibandingkan Nintendo Switch.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konon, konsol ini juga akan turut dilengkapi dengan sistem pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu konsol dari overheat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari India Today, Minggu (16/5/2021).

Jika rumor tersebut benar adanya, maka kehadiran konsol terbaru dari Apple ini berpotensi menjadi pesaing baru dari konsol Switch bikinan Nintendo.

Dikatakan juga bahwa Apple akan turut menggandeng Ubisoft sebagai pengembang game untuk menggarap game eksklusif konsol baru Apple ini.

Ubisoft sendiri telah dikenal kerap menelurkan beragam judul game populer, meliputi Assassin's Creed, Far Cry, Watch Dogs, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apple Jual Watch Series 6 dan Watch SE Refurbished, Harganya?

Dengan mengembangkan konsol bikinannya sendiri, Apple agaknya semakin serius dalam mengembangkan bisnisnya di industri games.

Pada Maret lalu, Apple diketahui telah mengumumkan dua judul game baru untuk layanan berlangganan Apple Arcade.

Sebagai informasi, Apple Arcade merupakan layanan berlangganan premium yang menyajikan beragam judul game eksklusif untuk pengguna produk Apple.

Terdapat lebih dari 180 games yang tersedia pada layanan ini. Peminat yang tertarik dapat membanderol layanan Apple Arcade dengan harga Rp 69.000 per bulannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X