Zoom Perkenalkan Events, Platform Khusus Gelar Acara Virtual

Kompas.com - 20/05/2021, 13:05 WIB
Ilustrasi Zoom Shutterstock/YM PhotosIlustrasi Zoom

KOMPAS.com - Zoom baru-baru ini memperkenalkan sebuah platform terbaru bernama  Events. Seperti namanya, Events dirancang khusus untuk mengelola berbagai acara virtual.

Melalui Events, pengguna nantinya dapat mengadakan beragam acara virtual, mulai dari kelas yoga, bahkan hingga konser musik virtual.

Events dilengkapi dengan beragam fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan dan mengatur acara virtual, mengelola proses pendaftaran dan transaksi tiket acara, serta menyediakan data statistik kehadiran peserta.

Events terlihat mirip dengan layanan OnZoom versi Beta yang sempat diluncurkan pada tahun 2020 lalu.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh juru bicara Zoom, Events merupakan platform rebranding dari OnZoom. Selain itu, Zoom Events juga akan dibekali sejumlah beragam kemampuan baru.

Baca juga: Ketika CEO Zoom Kelelahan Rapat Online Akibat Zoom Fatigue

Beberapa di antaranya termasuk fitur obrolan yang memungkinkan peserta untuk berinteraksi dengan peserta Zoom Event lainnya. Peserta juga dapat melihat daftar peserta lain yang mengikuti acara virtual melalui Zoom Events.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk melakukan transaksi, Zoom Events agaknya masih akan mengadopsi sistem pembayaran yang serupa dengan OnZoom, yakni menggunakan PayPal atau layanan kartu kredit.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (20/5/2021), Zoom Events kabarnya baru akan dirilis pada pertengahan 2021 ini.

Sejak kemunculan pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu, sejumlah acara fisik harus terpaksa dibatalkan. Hal ini kemudian menciptakan tren acara yang menjadi serba virtual. Hal inilah yang dilihat sebagai peluang oleh Zoom.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Fitur Immersive View di Zoom Versi Terbaru

Tak hanya Zoom yang hadir dengan Zoom Events, sejumlah pihak lain juga telah beradaptasi dengan menghadirkan acara secara virtual.

Pada awal Mei lalu, Cisco mengumumkan rencananya untuk mengadakan acara virtual menggunakan layanan WebEx Event.

Kemudian pada tahun 2020 lalu, LinkedIn meluncurkan sebuah platform baru yang menggabungkan layanan LinkedIn Live dengan LinkedIn Events.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X