Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Menjajal Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Tablet 8,7 Inci Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 11/06/2021, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung baru saja memboyong tablet dengan harga Rp 2,5 juta ke pasar Indonesia, yaitu Samsung Galaxy Tab A7 Lite.

Meski dihargai Rp 2 jutaan, tablet berukuran 8,7 inci yang merupakan versi lebih kecil dari Tab A7 sebelumnya ini diklaim tetap dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni. KompasTekno berkesempatan menjajal Galaxy Tab A7 Lite varian warna Gray.

Dari segi kemasan, kotak penjualan Galaxy Tab A7 Lite mengusung desain minimalis, yakni menggunakan latar belakang didominasi warna putih, dilengkapi gambar dan nama perangkat di bagian depannya.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite di Indonesia

Ketika dibuka, isi kotak penjualannya pun minimalis, yakni hanya ada satu perangkat, buku panduan penggunaan, charger, dan SIM card ejector tool.

Saat digenggam, untuk ukuran tablet, Galaxy Tab A7 Lite masih terasa ringan dan tipis di tangan. Tablet ini memiliki bobot 371 gram dan ketebalan 8 mm.

Dari segi desain, Galaxy Tab A7 Lite memberikan kesan premium karena bagian punggungnya memiliki finishing matte berwarna abu-abu. Kendati demikian, punggung Galaxy Tab A7 Lite masih terasa licin apabila diusap.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka OneUI 3.1. Tablet ini juga dibekali dengan fitur Face Recognition, Samsung Kids, dan Samsung Knox.KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTO Samsung Galaxy Tab A7 Lite sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka OneUI 3.1. Tablet ini juga dibekali dengan fitur Face Recognition, Samsung Kids, dan Samsung Knox.
Galaxy Tab A7 Lite yang terasa ringan, tipis, dan licin membuatnyua rawan terlepas dari genggaman tangan. Solusinya, pengguna agaknya perlu menggunakan soft atau hard case tablet.

Di bagian depan, Galaxy Tab A7 Lite mengusung layar LCD TFT berbentang 8,7 inci dengan resolusi 800 x 1.340 piksel. Meski memiliki layar hampir 9 inci, tablet ini masih dapat digenggam dengan satu tangan.

Baca juga: Mengenal Fitur Ramah Anak dan Pendukung Produktivitas di Galaxy Tab A7

Di bagian tengan atas layar, terdapat sebuah lubang mungil, tempat kamera selfie beresolusi 2 MP berada.  Di bagian punggungnya, tablet hanya ini dibekali dengan satu kamera belakang beresolusi 8 MP.

Beralih ke sektor dapur pacu, Galaxy Tab A7 Lite ditenagai chip Mediatek Helio P22T (12 nm) dengan CPU octa-core (4x2.3GHz + 4x1.8GHz),  dipadankan dengan RAM 3 GB dan media internal 32 GB, yang bisa diekspansi dengan kartu miroSD hingga 1 TB.

Di sisi bawa tablet, Galaxy Tab A7 Lite terdapat lubang pengisi daya, colokan audio jack 3.5mm, dan satu speaker.KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTO Di sisi bawa tablet, Galaxy Tab A7 Lite terdapat lubang pengisi daya, colokan audio jack 3.5mm, dan satu speaker.

Galaxy Tab A7 Lite dibekali baterai berkapasitas 5.100 mAh, dengan dukungan adaptive fast charging 15W.

Kendati demikian, pengguna harus mengeluarkan uang lebih lebih untuk mendapatkan fitur fast charging. Sebab, adapter charger fast charging tersebut tak masuk dalam paket penjualan alias dijual secara terpisah.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno, pengisian daya Galaxy Tab A7 tanpa charger fast charging memakan waktu yang cukup lama. Dibutuhkan waktu 3,5 jam untuk mengisi baterai dari 15 persen hingga terisi penuh 100 persen.

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy Tab A7, Tablet 10 Inci Harga Rp 5 Juta

Galaxy Tab A7 Lite sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka OneUI 3.1. Konektor yang digunakan pada Galaxy Tab A7 Lite adalah USB tipe C.

Fitur pendukung lain yang dibawa tablet ini meliputi colokan audio 3.5 mm, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5, Face Recognition, Samsung Kids, One Hand Operation, Samsung Knox, serta dual stereo speakers berteknologi Dolby Atmos.

Penasaran? Isi kemasan, penampakan desain dari berbagai sisi, dan hasil foto Samsung Galaxy Tab A7 Lite, selengkapnya dapat dilihat dalam rangkaian gambar di tautan berikut ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com