Cara Mencari E-mail Berdasarkan Kriteria Tertentu di Gmail

Kompas.com - 11/06/2021, 20:08 WIB
Ilustrasi Gmail. Jarretera/Shutterstck via Business InsiderIlustrasi Gmail.

KOMPAS.com - Kotak masuk alias inbox e-mail kerap dipenuhi lama yang terakumulasi seiring waktu sehingga menyulitkan pencarian apabila pengguna perlu membuka e-mail spesifik.

Kabar baiknya buat pengguna Gmail, layananan e-mail dari Google ini menyediakan opsi untuk membuat proses pencarian jadi lebih mudah dengan cara menambahkan kriteria-kriteria tertentu di kolom search.

Pengguna Gmail misalnya, bisa mencari e-mail yang dikirimkan di waktu tertentu, atau yang memiliki ukuran attachment sesuai.

Baca juga: Ganti Foto Profil di Akun Gmail Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak uraian cara mencari e-mail secara spesifik di Gmail berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Support Google, Jumat (11/6/2021).

Cara mudah mencari e-mail di inbox Gmail

Pertama-tama, buka website Gmail melalui PC atau ponsel. Selanjutnya, pilih kotak pencarian yang terletak di bagian tengah atas halaman/aplikasi Gmail.

Klik ikon panah ke bawah untuk mencari e-mail berdasarkan tanggal pengiriman. Di sini ada kriteria-kriteria yang bisa ditambahkan dalam pencarian, seperti waktu pengiriman, nama pengirim, ukuran attachment, dan lain-lain.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Foto dari Gmail Bisa Langsung Disimpan di Google Photos

Pengguna dapat memasukkan informasi yang diinginkan. Misalnya, masukan nama "Kevin" di kolom "From" untuk mencari e-mail dari pengirim bernama Kevin.

Sementara itu, kolom "Has the words" dapat digunakan untuk menyortir e-mail yang memiliki kata kunci tertentu.

Kolom pencarian di Gmail menyediakan fitur yang dapat membantu pengguna dalam mencari e-mail tertentu.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Kolom pencarian di Gmail menyediakan fitur yang dapat membantu pengguna dalam mencari e-mail tertentu.

Untuk mencari e-mail berdasarkan ukuran lampiran, klik opsi "greater than" dan masukkan kata angka yang dikehendaki, misalnya "10" untuk menemukan e-mail mana saja yang memiliki ukuran 10 MB.

Pencarian berdasarkan ukuran attachmnet ini juga bisa digunakan untuk mempermudah pengguna  dalam memburu e-mail dengan lampiran besar yang menyita ruang inbox, untuk kemudian dihapus untuk membebaskan kapasitas penyimpanan.

Untuk mempersempit cakupan pencarian, Anda juga dapat mencari e-mail pada kolom-kolom tertentu, misalnya pada kolom kotak masuk (inbox) saja atau pada kolom "Spam" saja.

Baca juga: Cara Menyimpan Lampiran Gmail sebagai File PDF, Langsung dari Browser

Selain perintah di atas, pengguna juga dapat menggunakan kata kunci before dan after untuk mencari e-mail yang diterima dalam rentang waktu tertentu. Misalnya, ketik "after:2021/6/26" pada kolom pencarian untuk mencari e-mail yang masuk setelah tanggal 26 Juni 2021.

Apabila e-mail yang ingin dicari memiliki lampiran, pengguna dapat memasukkan perintah "has:attachment" untuk menyortir daftar e-mail yang dilengkapi dengan lampiran.

Daftar lampiran tertentu juga dapat dicari dengan mengetikan perintah "filename:". Contohnya, "filename:pdf" untuk menyaring e-mail yang memiliki lampiran dengan format PDF.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X