Ganti Foto Profil di Akun Gmail Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Kompas.com - 02/06/2021, 11:19 WIB
Ilustrasi Gmail ShutterstockIlustrasi Gmail

KOMPAS.com - Peran foto profil di media sosial cukup penting untuk sedikit memperlihatkan personal branding. Tak terkecuali foto profil akun Gmail.

Apalagi mereka yang menjadikan akun Gmail untuk keperluan bisnis, foto profil yang pantas cukup penting untuk dipajang. Namun, selama ini mengganti foto Gmail di smartphone cukup memakan waktu.

Pengguna harus membuka menu "setting" (pengaturan), lalu menuju "manage your Google account" (kelola akun), baru bisa mengganti foto profil di laman "personal info" (informasi personal).

Kini, mengganti foto profil Gmail lebih mudah setelah Google menambahkan shortcut atau pintasan untuk mengganti foto. Caranya, cukup klik foto profil di pojok kanan atas.

Baca juga: Foto dari Gmail Bisa Langsung Disimpan di Google Photos

Di bagian foto, terdapat ikon kamera kecil, lalu klik ikon tersebut. Jika ingin mengubah foto profil Gmail, klik "change" (ubah), lalu tentukan sumber gambarnya, apakah dari perangkat, Google Photos, atau langsung mengambil gambar baru dengan membuka kamera.

Setelah foto diatur tata letak dan ukurannya, klik "save as profile picture" (simpan sebagai foto profil). Maka foto profil Gmail akan berubah. Tapi jika enggan memasang foto baru dan malah ingin menghapusnya, pilih opsi "remove" (hapus).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengganti foto profil Gmail dengan mudah melalui shortcut.Ist Cara mengganti foto profil Gmail dengan mudah melalui shortcut.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5 Google, Rabu (2/6/2021), fitur ini mulai digulirkan untuk pengguna Gmail di Android maupun iOS.

Jika belum mendapatkan fitur ini, tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan aplikasi dan melakukan update aplikasi Gmail ke versi paling baru.

Baca juga: Google Photos Tak Lagi Gratis, Begini Cara Download Semua Foto

Namun, shortcut untuk mengubah foto profil belum tersedia di layanan Google lain, seperti Chat, Meet, Drive, atau Docs. Bulan Februari lalu, Google telah meluncurkan fitur shortcut ubah foto profil di aplikasi Contacts.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X