Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Foto Profil di Akun Gmail Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Kompas.com - 02/06/2021, 11:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peran foto profil di media sosial cukup penting untuk sedikit memperlihatkan personal branding. Tak terkecuali foto profil akun Gmail.

Apalagi mereka yang menjadikan akun Gmail untuk keperluan bisnis, foto profil yang pantas cukup penting untuk dipajang. Namun, selama ini mengganti foto Gmail di smartphone cukup memakan waktu.

Pengguna harus membuka menu "setting" (pengaturan), lalu menuju "manage your Google account" (kelola akun), baru bisa mengganti foto profil di laman "personal info" (informasi personal).

Kini, mengganti foto profil Gmail lebih mudah setelah Google menambahkan shortcut atau pintasan untuk mengganti foto. Caranya, cukup klik foto profil di pojok kanan atas.

Baca juga: Foto dari Gmail Bisa Langsung Disimpan di Google Photos

Di bagian foto, terdapat ikon kamera kecil, lalu klik ikon tersebut. Jika ingin mengubah foto profil Gmail, klik "change" (ubah), lalu tentukan sumber gambarnya, apakah dari perangkat, Google Photos, atau langsung mengambil gambar baru dengan membuka kamera.

Setelah foto diatur tata letak dan ukurannya, klik "save as profile picture" (simpan sebagai foto profil). Maka foto profil Gmail akan berubah. Tapi jika enggan memasang foto baru dan malah ingin menghapusnya, pilih opsi "remove" (hapus).

Cara mengganti foto profil Gmail dengan mudah melalui shortcut.Ist Cara mengganti foto profil Gmail dengan mudah melalui shortcut.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5 Google, Rabu (2/6/2021), fitur ini mulai digulirkan untuk pengguna Gmail di Android maupun iOS.

Jika belum mendapatkan fitur ini, tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan aplikasi dan melakukan update aplikasi Gmail ke versi paling baru.

Baca juga: Google Photos Tak Lagi Gratis, Begini Cara Download Semua Foto

Namun, shortcut untuk mengubah foto profil belum tersedia di layanan Google lain, seperti Chat, Meet, Drive, atau Docs. Bulan Februari lalu, Google telah meluncurkan fitur shortcut ubah foto profil di aplikasi Contacts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com