Menjajal Mi 11 Ultra, Ponsel Termahal Xiaomi di Indonesia

Kompas.com - 16/06/2021, 14:04 WIB
Xiaomi Mi 11 Ultra dan kotak kemasannya.
KOMPAS.com/ OIK YUSUFXiaomi Mi 11 Ultra dan kotak kemasannya.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah Mi 11 pada Maret lalu, kini giliran Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang resmi diihadirkan oleh Xiaomi di Indonesia lewat acara peluncuran pada Selasa (15/6/2021) malam.

Xiaomi Mi 11 Lite merupakan model kelas menengah dari seri M 11, sementara Mi 11 Ultra adalah model tertinggi yang dibekali fitur-fitur terlengkap.

Dengan banderol harga Rp 17 juta, Xiaomi Mi 11 Ultra sekaligus menjadi ponsel termahal Xiaomi yang pernah dijual di Indonesia.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 Lite Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 3,7 Juta

KompasTekno berkesempatan menjajal Xiaomi Mi 11 Ultra versi ritel Indonesia dengan varian warna Ceramic Black. Beruntung KompasTekno mendapatkan unit ponsel ini, sebab stok Mi 11 Ultra di Indonesia sangat terbatas, akibat kelangkaan chip yang melanda industri.

Ikuti hasil unboxing dan penjajalan selengkapnya berikut ini.

"Surat cinta", charger 67 watt, minus earphone

Xiaomi Mi 11 Ultra datang dalam kemasan persegi panjang yang tak banyak berbeda dari kotak penjualan smartphone pada umumnya, dengan warna dasar hitam matte dan font berwarna bronze.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama kali membuka boks, KompasTekno langsung disambut oleh "surat cinta" dari Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse. Isinya menyatakan terima kasih karena telah memilih produk Xiaomi.

Surat ucapan terima kasih dari Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse yang diselipkan di dalam boks Xiaomi Mi 11 Ultra.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Surat ucapan terima kasih dari Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse yang diselipkan di dalam boks Xiaomi Mi 11 Ultra.

Lembaran kecil yang ikut memampang foto dan tanda tangan Alvin ini memang umum diselipkan di kemasan penjualan produk Xiaomi maupun Poco di Indonesia.

Unit ponsel MI 11 Ultra tersembunyi di balik folder kecil yang memuat SIM card ejector tool, booklet panduan, kabel adaptor colokan audio 3,5mm ke USB tipe C, dan aksesori casing silikon transparan.

Di baliknya, terdapat kompartemen yang memuat aksesori fast charger dengan keluaran daya hingga 67 watt. Baterai 5.000 mAh di Mi 11 Ultra memang mendukung fast charging dengan daya sebesar itu, di samping fast wireless charging 67 watt.

Aksesori-aksesori pelengkap di kemasan penjualan Xiaomi Mi 11 Ultra, mencakup casing silikon transparan, fast charger 67 watt (USB A), kabel USB A ke USB C, kabel adapter audio 3,5mm ke USB C, serta booklet panduan dan surat terima kasih. Ada juga sebuah SIM card ejector toolKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori-aksesori pelengkap di kemasan penjualan Xiaomi Mi 11 Ultra, mencakup casing silikon transparan, fast charger 67 watt (USB A), kabel USB A ke USB C, kabel adapter audio 3,5mm ke USB C, serta booklet panduan dan surat terima kasih. Ada juga sebuah SIM card ejector tool

Aksesori lain yang disertakan adalah kabel daya bertipe USB A ke USB C. Tidak ada earphone di dalam kemasan ponsel ini.

Desain bongsor nan premium

Xiaomi Mi 11 Ultra memiliki layar AMOLED 6,81 inci (3.200 x 1.440 piksel, 20:9) dengan refresh rate hingga 120 Hz, serta turut dilindungi kaca anti-gores Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Geser Huawei, Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra Nomor Satu di DxOMark

Di sisi kiri atas bertengger sebuah punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP (f/2.2, 27mm).

Tampang depan Mi 11 Ultra relatif sulit dibedakan dari Mi 11 sebelumnya, yang sama-sama datang dengan layar berukuran dan berdesain serupa, berikut punch hole di sisi kiri atas. Sebuah pemindai sidik jari terintegrasi berjenis optical ikut disematkan di sisi bawah.

Tampilan Xiaomi Mi 11 Ultra dari depan nyaris tidak bisa dibedakan dari Mi 11, apalagi ukuran layarnya juga serupa dan sama-sama didesain melengkung (curved) di sisi kiri dan kanan
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan Xiaomi Mi 11 Ultra dari depan nyaris tidak bisa dibedakan dari Mi 11, apalagi ukuran layarnya juga serupa dan sama-sama didesain melengkung (curved) di sisi kiri dan kanan

Perbedaan baru terlihat kentara ketika beralih ke punggung. Pandangan mata langsung terarah ke modul kamera MI 11 Ultra yang berbentuk persegi panjang dengan sudut-sudut membuat, serta berukuran besar, karena ikut memuat layar kedua.

Layar kedua di modul kamera Mi 11 Ultra bisa menampilkan berbagai informasi, seperti informasi waktu, sehingga tetap bisa dilihat apabila ponsel ditaruh dengan kedaan layar menghadap meja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X