BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Sebelum Ganti Smartphone Flagship Terbaru, Hal Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 17/06/2021, 18:29 WIB
Oppo Find X3 Pro 5G menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 5G mobile platform. DOK. OPPOOppo Find X3 Pro 5G menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 5G mobile platform.
|

KOMPAS.com – Orang Indonesia terbilang cukup aktif mengganti ponsel lamanya dengan smartphone terbaru yang memiliki teknologi lebih canggih.

Riset PT Erajaya Swasembada Tbk yang dilakukan pada 2018 membuktikan hal tersebut. Berdasarkan hasil riset, orang Indonesia cenderung mengganti ponsel setelah rentang pemakaian 12-18 bulan.

Kemudian, terjadi peningkatan rentang waktu penggunaan ponsel pada tahun berikutnya menjadi 24 bulan secara rata-rata.

Baca juga: Heboh Teknologi 5G, Berikut Ragam Inovasi Smartphone Flagship untuk Menyambut Era 5G

Riset tersebut juga mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi seseorang mengganti ponsel. Beberapa di antaranya adalah ingin memiliki model smartphone terbaru, ponsel lama rusak, bosan, atau sekadar mengikuti perkembangan zaman.

Bila Anda mulai mempertimbangkan mengganti smartphone dengan versi terbaru dan canggih, hal pertama yang mesti dilakukan adalah mencadangkan data atau back up. Untuk urusan ini, Anda bisa memindahkan kartu memori eksternal ke komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaatkan juga penyimpanan berbasis virtual, seperti cloud, Dropbox, atau Google Drive untuk back up data pada memori internal.

Selain itu, ketahui pula sejumlah inovasi atau teknologi yang dihadirkan pada smartphone terbaru pilihan Anda. Sebagai pertimbangan, berikut lima teknologi yang dihadirkan smartphone flagship terbaru pada tahun ini.

Oppo Find X3 Pro 5G memiliki teknologi layar super-realistis dan menghasilkan 1 miliar warna.DOK. OPPO Oppo Find X3 Pro 5G memiliki teknologi layar super-realistis dan menghasilkan 1 miliar warna.

1. Teknologi layar super-realistis

Teknologi layar smartphone pada masa kini jauh lebih berkembang dibandingkan saat smartphone pertama baru diciptakan.

Bahkan, salah satu produsen smartphone asal China, Oppo, baru-baru ini meluncurkan smartphone flagship yang memiliki teknologi layar super-realistis. Teknologi itu disinyalir mampu menampilkan satu miliar warna pada panel layar ponsel.

Teknologi tersebut disematkan Oppo pada smartphone flagship terbaru Oppo Find X3 Pro 5G. Untuk diketahui, Oppo Find X3 Pro 5G merupakan ponsel pertama di dunia yang menggunakan teknologi layar 1 miliar warna.

Baca juga: Oppo Find X3 Pro 5G, Smartphone Futuristik dengan 1 Miliar Warna Siap Unggul di Kelas Smartphone Flagship Indonesia

Oppo menggunakan layar organic light emitting diode (layar OLED) seluas 6,7 inci dengan resolusi 3216 x 1440 quad high definition plus (QHD+).

Tak hanya itu, layar smartphone flagship Oppo tersebut juga didukung teknologi high dynamic range (HDR) 10+ dengan refresh rate 120 Hz.

Dengan teknologi itu, Oppo Find X3 Pro 5G bisa menghasilkan visual layar sebening kristal dan memiliki tingkat kontras serta akurasi warna yang tinggi.

2. Kamera dengan lensa profesional

Beberapa smartphone terbaru yang diluncurkan pada tahun ini memiliki kamera dengan kualitas yang sejajar dengan kamera profesional. Oppo Find X3 Pro 5G menjadi salah satunya.

Smartphone flagship teranyar itu bahkan menyematkan dua kamera utama untuk dapat menangkap satu miliar warna dan menghasilkan jepretan foto yang lebih realistis.

Secara keseluruhan, Oppo Find X3 Pro 5G menghadirkan empat lensa sekaligus. Pertama, kamera depan yang terletak di kiri atas layar dan dihiasi dengan lubang punch-hole. Kamera ini memiliki resolusi 32 MP.

Baca juga: Membandingkan Oppo Find X3 Pro 5G dan Find X2 Pro, Apa Saja Bedanya?

Kemudian, kamera belakang terdiri dari dua kamera utama, yaitu kamera 50 MP dan kamera ultrawide 50 MP yang dilengkapi dengan kamera periskop 13 MP serta kamera supermakro 3 MP.

Untuk diketahui, hasil tangkapan mikroskopis dari kamera makro tersebut bisa menangkap detail terkecil pada suatu obyek, mulai dari daun, serangga, hingga berbagai benda kecil lainnya.

Hasil kamera supermakro Oppo Find X3 Pro 5GDOK. OPPO Hasil kamera supermakro Oppo Find X3 Pro 5G

3. Spesifikasi tinggi

Dari segi spesifikasi, flagship teranyar pada 2021, seperti Oppo Find X3 Pro 5G, dilengkapi prosesor terbaru dengan kualitas grafis dan tampilan layar yang memukau. Pasalnya, smartphone flagship ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 5G mobile platform.

Prosesor terbaru besutan Qualcomm tersebut memiliki skor AnTuTu sebesar 735.439. Angka ini jauh melebihi seri pendahulunya, yakni Snapdragon 865 5G yang memiliki skor 539.184.

Snapdragon 888 5G pun disinyalir menjadi salah satu yang terdepan untuk urusan gaming. Smartphone dengan chipset ini bisa menyuguhkan performa game yang mulus dan kualitas grafik HDR tertinggi yang hampir sama dengan kemampuan komputer.

Snapdragon 888 5G juga dilengkapi dengan konektivitas 5G sehingga grafis yang ditampilkan menjadi lebih jernih.

4. Konektivitas 5G

Saat hendak mengganti ponsel, pastikan smartphone pilihan Anda sudah dilengkapi teknologi jaringan 5G, apalagi jaringan ini sudah bisa digunakan di Indonesia.

Untuk diketahui, jaringan 5G menjadi jaringan supercepat yang mampu mengunduh file berukuran 1 gigabyte (GB) hanya dalam waktu 40 detik.

Dengan kualitas tersebut, pengguna menapakkan satu langkah lebih maju untuk menyambut berbagai potensi teknologi di masa depan.

Ponsel dengan jaringan 5G, seperti Oppo Find X3 Pro 5G, akan memudahkan pengguna dalam menjalankan segala aktivitas sehari-hari, seperti streaming film, mengunduh file pekerjaan dengan cepat, penerapan fitur smart home di rumah, dan bermain cloud gaming.

Oppo Find X3 Pro 5G dibekali teknologi SuperVOOC 2.0 flash charging dengan baterai 4.500 miliampere hour (mAh).DOK. OPPO Oppo Find X3 Pro 5G dibekali teknologi SuperVOOC 2.0 flash charging dengan baterai 4.500 miliampere hour (mAh).

5. Pengisian daya supercepat

Untuk mengisi daya baterai smartphone hingga penuh, pengguna kini tak perlu memakan waktu berjam-jam. Beberapa produk smartphone kini telah menyematkan teknologi pengisian daya cepat. Selain itu, sejumlah smartphone juga sudah dibekali fitur wireless charging untuk pengisian daya yang lebih praktis.

Selain lebih efisien dari segi waktu, ragam teknologi itu menghadirkan efektivitas dari segi penghematan daya.

Oppo, misalnya, membekali teknologi SuperVOOC 2.0 flash charging dengan baterai 4.500 miliampere hour (mAh) pada smartphone terbaru, Oppo Find X3 Pro 5G. Dengan inovasi tersebut, smartphone flagship itu dapat melakukan pengisian daya baterai hingga 40 persen hanya dalam 10 menit.

Baca juga: Oppo Find X3 Pro 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Selain itu, terdapat pula fitur pengisian daya nirkabel AirVOOC 30W. Lewat fitur ini, daya ponsel dapat terisi tanpa perlu menghubungkan dengan perangkat charger. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya terbilang cepat, yakni 80 menit dari keadaan baterai ponsel kosong hingga penuh.

Dengan kecanggihan yang dihadirkan, pengguna dapat menikmati pengalaman yang immersive, mulai dari fotografi kelas profesional, multitasking yang lancar dan halus, hingga performa gaming yang mulus.

Oppo Find X3 Pro 5G tersedia dengan pilihan warna gloss black dan blue. Unit yang dihadirkan di Indonesia pun terbatas dan Anda bisa melakukan pembelian melalui sistem preorder mulai 3-18 Juni 2021 dengan harga Rp 15.999.000.

Dapatkan juga penawaran khusus berupa bonus Oppo Enco X dan 45W AirVOOC Wireless Charger senilai Rp 3.500.000 jika membeli di Erafone, Eraspace, serta e-commerce Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.