Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Nama WiFi Ini Bisa Merusak iPhone

Kompas.com - 21/06/2021, 19:15 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Jika Anda adalah pengguna iPhone, maka berhati-hatilah apabila menemukan WiFi dengan nama "%p%s%s%s%s%n". Pasalnya, jika iPhone Anda mencoba terhubung dengan jaringan tersebut, maka fungsi WiFi ponsel Anda akan lumpuh. 

Hal ini disebabkan oleh adanya sebuah celah keamanan alias bug yang baru ditemukan di sistem operasi iOS.

Bug ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan, Carl Schou, ketika ia membuat sebuah jaringan WiFi (SSID) dengan nama "%p%s%s%s%s%n".

Melalui akun Twitter-nya, Schou mengungkapkan bahwa ketika ponsel terhubung dengan WiFi tersebut, fungsi WiFi di iPhone miliknya langsung tidak dapat digunakan sepenuhnya. 

"Ketika ingin menghubungkan ke WiFi pribadi saya dengan nama '%p%s%s%s%s%n', iPhone saya langsung menonaktifkan fungsi WiFi secara permanen. Saya telah me-reboot dan mengubah nama WiFi saya, namun tetap tidak bisa," tulis Schou dalam kicauannya.

Baca juga: Akal-akalan Suami Kelabui Istri, Beli PS5 Bilangnya Router WiFi

Selain di iPhone, perangkat iPad pun juga tidak bisa terhubung ke jaringan wifi dengan nama "%p%s%s%s%s%n".

Belum diketahui secara pasti mengapa penamaan WiFi "%p%s%s%s%s%n" ini sangat berpengaruh terhadap fungsi WiFi iPhone dan bisa menyebabkan kerusakan.

Namun, hal ini diduga karena penamaan yang menggunakan karakter "%" dan "n", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Senin (21/6/2021).

Kombinasi karakter inilah yang diduga menyebabkan kerusakan memori dan sistem keamanan iOS pun segera menghentikan proses tersebut. Alhasil fungsi WiFi mati sepenuhnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna iPhone harus melakukan reset dan mengubah pengaturan jaringan secara manual.

Baca juga: Cara Mengetahui Penyusup di Jaringan WiFi Kita

Caranya, pengguna cukup mengunjungi menu "Settings", kemudian pilih "General". Di sana pengguna bisa meng-klik opsi "Reset", lalu pilih "Reset Network Settings".

Langkah ini merupakan cara untuk mengatur ulang semua jaringan WiFi yang tersimpan di perangkat iPhone, sehingga pengguna dapat menghapus dan mendeteksi nama jaringan WiFi apa saja yang dianggap berbahaya.

Setelah melakukan reset, pengguna nantinya bisa terhubung dengan jaringan WiFi yang tersedia seperti semula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com