8 Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Anda

Kompas.com - 22/06/2021, 11:49 WIB
Ilustrasi malware di Android. IstIlustrasi malware di Android.

KOMPAS.com - Meskipun sudah melakukan penyaringan keamanan, nyatanya toko aplikasi resmi seperti Google Play Store kadang kebobolan meloloskan software berbahaya.

Baru-baru ini, misalnya, Periset keamanan dari Quick Heal Security Labs mendeteksi setidaknya ada delapan aplikasi di Google Play Store yang disusupi virus alias malware Joker.

Malware Joker dikenal tangguh karena lihai menemukan celah keamanan untuk kembali menyelinap ke Play Store setiap beberapa bulan sekali, dengan cara mengubah kode, metode eksekusi, maupun dengan teknik payload-retrieving.

Baca juga: 128 Juta iPhone Terjangkit Malware

"Joker adalah spyware trojan yang mencuri data dari perangkat korban, seperti pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat," tulis tim peneliti Quick Heal Security Labs dalam laporannya.

Selain itu, disebutkan juga bahwa Joker secara diam-diam akan membuat korbannya berlangganan layanan premium berbayar tanpa sepengetahuan mereka.

Adapun delapan aplikasi Android di Play Store yang terjangkit malware Joker adalah sebagai berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Star, Selasa (22/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Auxiliary Message
  2. Fast Magic SMS
  3. Free CamScanner
  4. Super Message
  5. Element Scanner
  6. Go Messages
  7. Travel Wallpapers
  8. Super SMS

Segera hapus aplikasi

Daftar 8 aplikasi Android di Google Play Store yang terinfeksi malware joker, berdasarkan laporan Quick Heal.Quick Heal Daftar 8 aplikasi Android di Google Play Store yang terinfeksi malware joker, berdasarkan laporan Quick Heal.
Peneliti Quick Heal Security Labs mengatakan telah melaporkan temuannya ke Google. Kedelapan aplikasi di atas kini sudah dihapus. Namun, apabila terlanjur mengunduh, Anda dianjurkan untuk segera menghapusnya dari perangkat.

Untuk menghapus aplikasi di perangkat Android, buka menu pengaturan (setting) > aplikasi (app) > pilih aplikasi yang ingin dihapus > copot pemasangan (uninstal).

Bisa juga dengan cara yang lebih mudah, yakni dengan tap and hold (sentuh dan tahan) aplikasi yang hendak dihapus, kemudian klik opsi "uninstal" yang muncul secara pop-up.

Baca juga: Malware Joker Ditemukan di 10 Aplikasi AppGallery Huawei

Karena malware Joker ini cukup cerdik untuk kembali ke Play Store, ada baiknya lebih teliti lagi sebelum mengunduh aplikasi lain. Cek dulu peringkat serta ulasan aplikasi. Jika lebih banyak ulasan negatif dan peringkat rendah, ada baiknya menunda niat mengunduhnya ke perangkat.

Ini bukan kali pertama malware Joker terdeteksi di aplikasi yang terpajang di Play Store. Joker sudah terdeteksi sejak beberapa tahun lalu.

Belum diketahui siapa pelaku kriminal siber yang membuatnya. Akan tetapi, jika dilihat dari kode bot, komentar, komando, dan server kontrol, transkripnya ditulis dalam bahasa Mandarin. Nama "Joker" sendiri berasal dari salah satu server pengendali (C&C) sang malware.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Star
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.