Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Android Keluhkan Google Terus Berhenti dan Google Keeps Stopping

Kompas.com - 22/06/2021, 14:16 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google dikeluhkan bermasalah hari ini, Selasa (22/6/2021). Masalah ini ditemukan di ponsel Android dan para pengguna ramai-ramai mengeluhkan hal ini di Twitter.

Para pengguna Android ini mengatakan, terus menerima notifikasi "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping" di layar ponsel miliknya. Salah satunya seperti yang dialami oleh warganet dengan handle @Hanz7i.

"Ada yang sama dari tadi Google terus berhenti melulu. Btw my hp samsung," tulis @Hanz7i.

Sejumlah pengguna lain pun mengalami hal serupa dengan @Hanz7i. Pesan "Google terus berhenti" yang selalu muncul ini membuat para pengguna Android terganggu ketika menggunakan ponselnya.

Baca juga: 8 Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Anda

Pantauan KompasTekno, masalah yang dialami pengguna ponsel Android yang membuat pesan "Google terus berhenti" muncul di layar tak hanya dirasakan oleh pengguna di Indonesia saja.

Akun Twitter dengan handle @uminnieee mengaku, ia mulai mengalami masalah yang sama sekitar pukul 11.30 WIB. Pesan "Google Keeps Stopping" pun terus muncul selama satu jam terakhir. Dari kicauan @uminnieee, terlihat bahwa dirinya juga memiliki ponsel Xiaomi.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pengugna lain dengan handle @JordiFun. Ia mengaku, awalnya menerima notifikasi "Google berhenti bekerja". Setelahnya, ia terus menerima notifikasi "Google terus berhenti bekerja" setiap beberapa menit.

Menurut @JordiFun, menghentikan aplikasi Google secara paksa akan menghentikan masalah tersebut. Namun, beberapa aplikasi seperti Google Search dan aplikasi pemantau cuaca juga akan tak bisa digunakan.

Sejauh ini, @JordiFun menyarankan agar netizen lain yang mengalami error pada aplikasi Google ini untuk meng-uninstall pembaruan aplikasi Google.

Baca: Cara Menghilangkan Error Google Terus Berhenti di Android

Cara itu juga dilakukan oleh pemilih Twitter dengan handle @mufamfrh. Ia mengaku, ponsel Xiaomi milikinya juga terdampak masalah aplikasi Google ini. Namun, dapat diatasi dengan melakukan uninstall pembaruan pada aplikasi Google.

KompasTekno pun menghubungi pihak Google Indonesia terkait masalah ini. Google Indonesia mengatakan akan melakukan investigasi.

"Kami telah menerima laporan bahwa Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini," kata perwakilan Google Indonesia kepada KompasTekno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com