Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Meluncur, Perdana di Solo

Kompas.com - 22/06/2021, 13:40 WIB
 Logo Indosat Ooredoo (DOK. Indosat) Logo Indosat Ooredoo

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G secara komersil pertamanya.

Peluncuran dilakukan di Solo, yang sekaligus menjadi lokasi perdana kehadiran jaringan 5G dari operator seluler tersebut.

"Indosat selalu ingin menjadi pionir. Meskipun frekuensi menggunakan existing kalau tidak dimulai ekosistem tidak akan mulai terbentuk," kata Bayu Hanantasena, Chief Business Officer dalam peluncuran jaringan 5G Indosat Ooredoo yang digelar online, Selasa (22/6/2021).

Sebelum diluncurkan, Indosat lebih dulu dinyatakan lolos uji layak operasional (ULO) dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kelulusan itu dibutikan dengan penyerahan Surat Keterangan Laik Operasional.

Peluncuran layanan 5G komersil merupakan bagian dari kemitraan baru dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk pemulihan ekonomi.

"Kemitraan tersebut mencakup pemberdayaan UMKM, pendidikan talenta digital, dan pengembangan smart city," jelas Bayu.

Baca juga: Perjalanan 5G di Indonesia, dari Uji Coba, Lelang Frekuensi, hingga Komersil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menggelar 5G, Indoat Ooredoo memanfaatkan pita frekuensi 1,8 GHz (1.800 MHz).
Pada frekuensi tersebut, Indosat memiliki total lebar pita 2x22,5 MHz, di mana 20 MHz digunakan untuk 5G.

Selain Solo, ada empat kota lain yang akan menyusul kebagian layanan 5G Indosat Ooredoo untuk tahap awal, yakni Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Tidak seluruh wilayah kota-kota itu bisa tercakup layanan 5G, melainkan hanya beberapa area tertentu saja.

"Kita memilih area-area tertentu yang memang ada point of interest-nya, penggunanya ada, secara pengguna handset 5G ada, secara eksosistem sudah ada," jelas Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning.

Shatya mencontohkan beberapa area seperti Balai Kota, sekolah, dan sebagainya. Ke depan, Indosat akan memperluas cakupan area layanan 5G ke lebih banyak lokasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.