Thailand Tambah Pesawat Angkut Militer C295 untuk Gantikan CASA-212

Kompas.com - 23/06/2021, 13:07 WIB
Airbus C295 yang dioperasikan Angkatan Darat Kerajaan Thailand. Airbus DefenceAirbus C295 yang dioperasikan Angkatan Darat Kerajaan Thailand.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Airbus Defence mengumumkan bahwa Kementerian Pertahanan Thailand telah memesan kembali pesawat angkut militer Airbus C295.

Pesawat dengan konfigurasi transport ini akan dirakit di fasilitas perakitan pesawat Airbus Defence di Sevilla, Spanyol, dan dikirim ke Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada 2023.

Dengan tambahan satu pesanan pesawat ini, maka total pesawat C295 yang akan dioperasikan oleh AD Thailand menjadi tiga pesawat. Kontrak ini juga menambahkan total jumlah pesawat C295 yang dipesan di Asia Pasifik menjadi 25.

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Prioritas Airbus A400M di Asia Pasifik

Juru bicara Kementerian Pertahanan Thailand, Letnan Jenderal Kongcheep Tantrawanich dilansir Bangkok Post mengatakan bahwa C295 ini menjadi pengganti CASA-212 yang telah dioperasikan 27 tahun, dan akan dipensiunkan pada 2023 nanti.

Thailand sendiri saat ini memiliki empat pesawat CASA 212, namun hanya satu yang laik terbang, dan selama ini dipakai untuk operasi modifikasi cuaca.

Untuk pesawat C295, AD Thailand menggunakannya untuk kebutuhan angkut personil, latihan terjun payung, penggeseran pasukan taktis dan penjaga perbatasan, serta evakuasi dan medis di lokasi bencana alam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Penambahan pesanan ini menekankan kepercayaan Kementerian Pertahanan Thailand dalam kemampuan transportasi militer kami yang telah terbukti,” ujar Johan Pelissier, Head of Asia Pacific di Airbus Defence and Space.

Di Asia Pasifik, pesawat C295 yang juga dioperasikan oleh TNI AU dan Polisi Udara RI, dikenal dengan rancangannya yang modular, kemampuan manuver dan juga ketahanannya.

"Biaya operasi yang tergolong rendah dibandingkan pesawat lain pada kelasnya juga menjadikannya sebagai prospek yang bagus untuk sektor militer,” tambah Pelissier dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Bell 525 Jadi Opsi Helikopter VIP/VVIP TNI AU

Pesanan baru dari Thailand ini mengikuti tiga pesanan pesawat C295 lain yang diterima Airbus Defence baru-baru ini, dari pelanggan militer di Asia Pasifik yang tidak dapat disebutkan namanya.

Dengan meningkatnya permintaan akan pesawat angkut multi-peran, C295 diklaim menjadi standar baru, baik sebagai pesawat operasi taktis maupun kemanusiaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.