Google Perbaiki Masalah "Google Terus Berhenti" di Android

Kompas.com - 24/06/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi aplikasi Google di Google Play Store. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi Google di Google Play Store.

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Android belakangan mengeluhkan ponselnya menampilkan jendela pop-up dengan notifikasi error berbunyi "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping" dalam setelan Bahasa Inggris.

Menurut Google, jendela notifikasi yang muncul terus-menerus tersebut disebabkan oleh adanya gangguan dalam aplikasi layanan Google.

Kini, perusahaan asal Mountain View, California, AS itu mengonfirmasi pihaknya telah memperbaiki masalah di aplikasi Google tadi, dengan merilis update pembaruan di Play Store.

Baca juga: 4 Cara Memperbaiki Error Google Terus Berhenti di Android

"Kami telah merilis aplikasi Google terbaru dengan versi 12.24. Aplikasi tersebut sebenarnya akan diperbarui secara otomatis oleh sistem, namun pengguna bisa memperbaruinya secara manual," tulis Google dalam laman resmi.

Cara memperbarui aplikasi Google.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara memperbarui aplikasi Google.

Untuk memperbarui aplikasi Google, pengguna cukup pergi ke toko aplikasi Play Store dan ketik "Google App" di kolom pencarian. Lalu, klik aplikasi Google yang muncul di hasil pencarian paling atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum mengeklik tombol "Update", pastikan terlebih dahulu apakah pembaruan tersebut memang benar versi 12.24.

Cara melihat versinya adalah dengan mengeklik menu "What's new" yang ada di bagian rincian aplikasi. Kemudian, gulirkan layar ke bawah untuk melihat versi aplikasi tersebut tepat di bagian "Version".

Baca juga: Marak Google Terus Berhenti di Android, Begini Cara Mengatasinya

Usai memastikan, barulah pengguna bisa kembali ke laman selanjutnya dan mengeklik tombol "Update".

Perlu dicatat, pengguna yang menon-aktifkan aplikasi Google bisa meng-klik tombol "Enable" terlebih dahulu sebelum mereka meng-klik "Update", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman SupportGoogle, Kamis (24/6/2021).

Lalu, apabila tombol "Update" belum muncul dan masih berupa tombol "Open", pengguna disarankan untuk menunggu beberapa saat. Sebab, biasanya pembaruan memang digelontorkan secara bertahap kepada para pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X