Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perbaiki Masalah "Google Terus Berhenti" di Android

Kompas.com - 24/06/2021, 09:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Android belakangan mengeluhkan ponselnya menampilkan jendela pop-up dengan notifikasi error berbunyi "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping" dalam setelan Bahasa Inggris.

Menurut Google, jendela notifikasi yang muncul terus-menerus tersebut disebabkan oleh adanya gangguan dalam aplikasi layanan Google.

Kini, perusahaan asal Mountain View, California, AS itu mengonfirmasi pihaknya telah memperbaiki masalah di aplikasi Google tadi, dengan merilis update pembaruan di Play Store.

Baca juga: 4 Cara Memperbaiki Error Google Terus Berhenti di Android

"Kami telah merilis aplikasi Google terbaru dengan versi 12.24. Aplikasi tersebut sebenarnya akan diperbarui secara otomatis oleh sistem, namun pengguna bisa memperbaruinya secara manual," tulis Google dalam laman resmi.

Cara memperbarui aplikasi Google.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara memperbarui aplikasi Google.

Untuk memperbarui aplikasi Google, pengguna cukup pergi ke toko aplikasi Play Store dan ketik "Google App" di kolom pencarian. Lalu, klik aplikasi Google yang muncul di hasil pencarian paling atas.

Sebelum mengeklik tombol "Update", pastikan terlebih dahulu apakah pembaruan tersebut memang benar versi 12.24.

Cara melihat versinya adalah dengan mengeklik menu "What's new" yang ada di bagian rincian aplikasi. Kemudian, gulirkan layar ke bawah untuk melihat versi aplikasi tersebut tepat di bagian "Version".

Baca juga: Marak Google Terus Berhenti di Android, Begini Cara Mengatasinya

Usai memastikan, barulah pengguna bisa kembali ke laman selanjutnya dan mengeklik tombol "Update".

Perlu dicatat, pengguna yang menon-aktifkan aplikasi Google bisa meng-klik tombol "Enable" terlebih dahulu sebelum mereka meng-klik "Update", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman SupportGoogle, Kamis (24/6/2021).

Lalu, apabila tombol "Update" belum muncul dan masih berupa tombol "Open", pengguna disarankan untuk menunggu beberapa saat. Sebab, biasanya pembaruan memang digelontorkan secara bertahap kepada para pengguna.

Dikeluhkan semua

Ilustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat AndroidKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ilustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android

Sebelumnya, masalah terkait aplikasi Google ini dirasakan oleh sejumlah pengguna Android dalam dan luar negeri.

Baca juga: Google Umumkan 6 Fitur Baru untuk Android, Ada Pendeteksi Gempa

Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa jendela pop-up yang menampilkan error tadi tetap muncul tanpa henti meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa.

Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi.

Konon, masalah ini disinyalir berasal dari pembaruan terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Biasanya, aplikasi-aplikasi Google sendiri diperbarui secara otomatis oleh Google Play Store, mungkin karena dianggap merupakan aplikasi sistem.

Artinya, wajar saja apabila ada pembaruan teranyar yang bermasalah, maka pengguna akan langsung merasakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com