Begini Cara Factory Reset di Ponsel Realme

Kompas.com - 04/07/2021, 15:14 WIB
Tampilan layar realme 6 Pro Dok. realmeTampilan layar realme 6 Pro

KOMPAS.com - Pengguna smartphone Android terkadang merasa perangkatnya semakin lemot saat digunakan. Ada banyak faktor yang menyebabkan Android lemot, seperti penyimpanan yang terlalu penuh, hingga faktor usia perangkat.

Untuk kembali membuat kinerja ponsel Android menjadi lebih cepat, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset alias mengembalikan ponsel dalam keadaan seperti baru keluar dari pabrik.

Factory reset juga kerap dilakukan pengguna ketika akan menjual atau mengalihkan ponsel kepada orang lain.

Dengan factory reset, pengguna menghapus berbagai data yang tersimpan di dalamnya seperti foto, video, file, hingga akun yang ditautkan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari risiko penyalahgunaan data oleh pengguna baru.

Baca juga: Setengah dari Penduduk Dunia Kini Punya Smartphone

Seperti namanya, factory reset dapat mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan, sekaligus menghapus seluruh data yang terdapat didalamnya.

Lantas bagaimana cara melakukan factory reset di ponsel Realme

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara melakukan factory reset pada ponsel Realme.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset pada ponsel Realme.
Pertama, buka menu pengaturan atau settings dan pilih opsi Additional settings. Kemudian, pilih Back up dan reset > erase all data (factory reset). Klik opsi Erase all data untuk mulai melakukan factory reset.

Baca juga: Riset: 1 dari 4 Smartphone yang Terjual Dibeli Secara Online

Menu factory reset untuk menghapus seluruh data di ponsel RealmeKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Menu factory reset untuk menghapus seluruh data di ponsel Realme

Namun sebelum proses penghapusan data dimulai, pengguna diminta untuk memasukan kode keamanan PIN atau password sebagai bentuk konfirmasi.

Jika kode tersebut sudah dimasukkan, klik tombol Erase all data yang muncul untuk mulai melakukan factory reset pada ponsel Realme.

Dalam artikel ini, KompasTekno menggunakan ponsel Realme 6 Pro yang menjalankan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka Realme UI.

Perlu diingat, saat melakukan factory reset, sebaiknya baterai ponsel dalam keadaan yang cukup.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X