Riset Ungkap Smarwatch Bisa Pantau Efek Jangka Panjang Penyintas Covid-19

Kompas.com - 12/07/2021, 09:14 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Pada awal Januari lalu, dua penelitian berbeda menunjukkan bahwa jam tangan pintar alias smartwatch dapat digunakan untuk mendeteksi virus Covid-19 secara dini.

Hal tersebut dimungkinkan berkat adanya data dari fitur-fitur pendeteksi kegiatan, termasuk aktivitas olahraga, detak jantung, kadar oksigen dalam tubuh, pelacakan waktu tidur, hingga pendeteksi jatuh.

Studi terbaru menunjukkan, data dari smartwatch juga bisa dimanfaatkan untuk melacak pemulihan pasien pasca terinfeksi Covid-19. Khususnya, memantau durasi dan variasi efek jangka panjang yang dialami oleh penyintas Covid-19.

Seperti diketahui, orang yang terkonfirmasi Covid-19 bisa mengalami fenomena yang dikenal dengan istilah long covid.

Para penyintas masih merasakan gejala seperti sesak napas, sakit kepala, depresi, jantung berdebar, dan nyeri dada, meski sudah dinyatakan negatif dari Covid-19.

Riset dari kelompok ilmuwan di Scripps Research Translational Institute di La Jolla, California, ini mencoba melihat gejala apa saja yang masih dirasakan oleh penyintas Covid-19 menggunakan data dari smartwatch.

Kemudian, dilihat seberapa lama kondisi para penyintas Covid-19 ini bisa kembali normal seperti sedia kala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan aplikasi dan data

Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan metode Digital Engagement and Tracking for Early Control and Treatment (DETECT) alias penelitian jarak jauh berbasis aplikasi.

Setiap partisipan wajib mengunduh aplikasi bernama MyDataHelps. Setiap partisipan juga diwajibkan membagikan data pelacakan aktivitas dari smartwach yang dikenakan seperti Fitbit dan Apple Watch. 

Dalam penelitian ini, para ilmuwan fokus menganalisis data smartwatch milik 875 partisipan yang melaporkan mengalami gejala demam, batuk, nyeri tubuh, atau gejala penyakit pernapasan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X