Kompas.com - 23/07/2021, 19:17 WIB
Ilustrasi YouTube Shorts. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi YouTube Shorts.

KOMPAS.com - Shorts, fitur video pendek dari YouTube pesaing TikTok dan Instagram Reels, sudah resmi bisa digunakan oleh seluruh pengguna YouTube di Indonesia, mulai Jumat (23/7/2021).

Dari segi tampilan dan kemampuan, Shorts terbilang mirip dengan TikTok dan Reels. Misalnya, pengguna Shorts bisa mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar.

Seperti TikTok dan Reels, Shorts menggunakan format video vertikal, di mana pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video Shorts.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts ke platform lainnya.

Baca juga: Deretan Inovasi Instagram yang Terinspirasi dari Snapchat, TikTok, dan YouTube

Tak heran bila Shorts disebut-sebut tampil sebagai pesaing baru TikTok dan Reels. Meski demikian, YouTube sendiri mengaku tak punya strategi khusus untuk bersaing dengan dua penyedia video pendek lainnya itu.

"Masalah melawan atau menyaingi, kita akan fokus saja dengan apa yang ada di YouTube. Kita menciptakan produkkan tujuannya agar pengguna semakin terbantu saat membuat konten yang mereka mau," kata Veronica Utami, Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melanjutkan, salah satu hal yang membedakan YouTube dengan platform lainnya adalah, YouTube merupakan platform streaming video yang memiliki berbagai jenis video.

Misalnya, seperti video musik, pidato, humor, motivasi, pendidikan, dan masih banyak lainnya. Dan seluruh video yang ada di YouTube diunggah oleh pengguna (user generated konten).

Baca juga: Menjajal Instagram Reels, Apa Bedanya dengan TikTok?

Nah, inilah yang dimanfaatkan YouTube. Ketika mengembangkan Shorts, Veronica mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi fokus utama YouTube, yaitu creation tools (alat kreasi), experience (pengalaman), dan discovery (penemuan).

3 fokus fitur-fitur di Shorts

Pertama, Shorts hadir dengan tujuan agar bisa menjadi alat kreasi bagi kreator untuk membuat video pendek langsung dari smartphone.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.