YouTube Shorts Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 23/07/2021, 13:57 WIB
Ilustrasi YouTube Shorts IstimewaIlustrasi YouTube Shorts

KOMPAS.com - YouTube akhirnya resmi menggulirkan fitur video pendek bernama Shorts, di Indonesia, pada Jumat (23/7/2021). Sebelumnya fitur baru ini lebih dulu dirilis di India dan Amerika Serikat.

Shorts sendiri adalah fitur video pendek pesaing TikTok dan Reels dari Instagram, mengingat ketiganya memiliki tampilan dan kemampuan yang mirip.

Menurut Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, Veronica Utami, fitur ini sengaja dihadirkan untuk membantu semua kreator berkreasi membuat video pendek langsung dari smartphone.

Baca juga: Cara Membagikan Link YouTube ke Status WhatsApp

"Kami senang sekali YouTube Shorts akhirnya bisa hadir di Indonesia. Dengan fitur ini, akan mempermudah semua kreator membuat, mengedit, meng-upload, dan berbagi video dengan mudah dari handphone-nya," kata Veronica dalam acara peluncuran YouTube Shorts secara daring, Jumat siang.

Fitur Shorts memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan caption.

Pantauan KompasTekno, fitur Short versi beta ini telah tersedia di aplikasi YouTube versi 16.28.36 di ponsel Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna bisa langsung menemukan menu "Shorts" di sisi bawah layar saat membuka aplikasi. Tepatnya berada di tengah, antara menu "Home" dan ikon tambah (+) untuk unggah video.

Bila menu Shorts diklik, pengguna akan disuguhkan berbagai video Shorts yang sudah diunggah oleh pengguna lain dari berbagai belahan dunia. Hal pertama yang terlihat ialah Shorts memiliki tampilan beranda yang mirip dengan Reels dan TikTok.

Baca juga: YouTube Shorts Mulai Bisa Dijajal di Indonesia, Saingan TikTok dan Reels

Misalnya, Shorts menggunakan format video vertikal, di mana pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video Shorts.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts ke platform lainnya. Di bagian bawah tampilan Shorts, pengguna disajikan tombol subscribe dan juga bisa menyimpan musik latar pada video Shorts ke favorit.

Cara mengunggah video Shorts di YouTube

Cara mengunggah YouTube Shorts.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengunggah YouTube Shorts.

Pengguna bisa mengunggah video Shorts langsung dari menu menu "Shorts". Berikut cara menggunakan YouTube Shorts.

  • Buka aplikasi YouTube
  • Klik menu "Shorts"
  • Klik ikon kamera yang berada di sudut kanan atas layar
  • Pengguna bisa merekam langsung dari kamera Shorts dengan menekan dan menahan tombol merah. Durasi video Shorts secara default adalah 15 detik. Namun bisa dimaksimalkan hingga 1 menit dengan mengetuk angka durasi menjadi 60
  • Atau penggna juga bisa mengunggah video dari galeri, dengan menekan ikon galeri atau gambar foto yang ada di sisi kiri bawah
  • Atur kecepatan video yang diinginkan, bila sudah klik tanda centang di sisi kanan bawah layar
  • Edit video Short dengan menambahkan musik latar, teks, filter
  • Bila sudah, klik next
  • Pengguna perlu menambahkan deskripsi video. Pengguna bisa menambahkan tagar #Short di deskripsi untuk merekomendasikan video. Fungsinya kurang lebih mirip dengan tagar #FYP di TikTok. Video Shorts yang sudah terunggah bisa dilihat di kanal Anda
  • Lalu, klik "upload"

Dengan begitu video akan terunggah dan muncul di kanal pengguna. Pengguna juga bisa mengunggah video Shorts melalui menu "+" > Create a Shorts. Selanjutnya, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah sesuai urutan di atas.

Baca juga: Cara Upload Video dari YouTube ke Status WhatsApp



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.