Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube dan Boyband BTS Bikin Tantangan #PermissiontoDance

Kompas.com - 23/07/2021, 16:12 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur video pendek terbaru dari YouTube, Shorts, akhirnya resmi hadir di Indonesia. Dengan fitur ini, pengguna YouTube bisa membuat video pendek sekreatif mungkin dengan durasi 15-60 detik.

Pengguna juga bisa menambahkan musik latar belakang, teks, filter, hingga caption untuk mempercantik video Shorts buatan pengguna.

Bersamaan dengan peluncuran fitur baru Shorts di Indonesia, YouTube Indonesia juga mengumumkan challenge (tantangan) video Shorts terbaru bertajuk #PermissiontoDance dari Boyband BTS.

Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, Veronica Utami mengatakan bahwa tantangan ini hadir untuk menyebarkan optimisme dan harapan di tengah masa-masa sulit, seperti saat pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: YouTube Shorts Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakainya

"#Permissiontodance challenge di YouTube Shorts ini sudah dibuka mulai hari ini (23 Juli) sampai 14 Agustus mendatang," kata Veronica, dalam acara acara QnA YouTube Shorts secara daring, Jumat (23/7/2021) siang.

#PermissiontoDance Challenge di YouTube Shorts.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto #PermissiontoDance Challenge di YouTube Shorts.
Veronika juga mengajak semua pengguna YouTube, khususnya Army (sebutan untuk penggemar BTS) untuk mengikuti dan meramaikan tantangan ini.

"Army dan pengguna lain bisa ikutan dan membagikan tarian versi kalian sendiri di YouTube Shorts. Pastikan juga untuk menyertakan hastag #PermissiontoDance dan #Shorts," kata Veronika.

Challenge ini juga sudah lebih dulu diumumkan BTS melalui kanal YouTube resminya BangtanTV baru-baru ini.

Belum diketahui apa benefit yang akan didapat bila peserta menjadi pemenang dalam challenge ini.

Namun, Veronika menduga, kemungkinan video Shorts dari pengguna yang terpilih akan diikutsertakan dalam video musik lagu "Permission to Dance" milik BTS.

Baca juga: BTS Pecahkan Rekor YouTube dengan Single Butter

"Nanti BTS mungkin akan mengumumkan lagi, akan dijadikan seperti apa video-video Shorts di #PermissiontoDance Challenge ini. Kita tunggu saja," pungkas dia.

Veronika memberikan kisi-kisi bahwa gerakan #PermissiontoDance challenge ini mengandung bahasa isyarat nasional yang menggambarkan kegembiraan, menari, dan kedamaian.

"Harapannya, mudah-mudahan dengan adanya tantangan ini bisa sedikit menambah kegembiraan, kedamaian, dan juga mencerahkan hari-hari kita semua di masa-masa sulit ini," tambah Veronika.

Di samping itu, Veronika menjelaskan bahwa Shorts ini sengaja dihadirkan untuk membantu semua kreator berkreasi membuat video pendek langsung dari smartphone.

Baca juga: YouTube Larang Video Prank dan Challenge yang Membahayakan

"Dengan fitur ini, akan mempermudah semua kreator membuat, mengedit, meng-upload, dan berbagi video dengan mudah dari handphone-nya,"

Meski masih dalam versi beta, YouTube berkomitmen untuk terus menyempurnakan fitur Shorts di masa mendatang. 

"Nanti makin banyak fitur-fitur yang kita luncurkan di bulan-bulan ke depan. Supaya kita bisa membuat proses kreasi di smartphone semakin cepat, mudah, dan menyenangkan,"  kata Veronika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com