Tokoh Telekomunikasi dan TI Indonesia Nonot Harsono Meninggal Dunia

Kompas.com - 23/07/2021, 17:50 WIB

KOMPAS.com - Dunia telekomunikasi Indonesia berduka atas wafatnya Ir. Nonot Harsono, MT di Surabaya pada hari ini, Jumat (23/7/2021).

Nonot Harsono yang lahir di Jember, 4 April 1965 merupakan salah satu tokoh terkemuka dalam dunia telekomunikasi dan teknologi informasi di Tanah Air. Keahliannya telah banyak dibaktikan pada dunia akademis, industri, dan regulasi telekomunikasi.

“Sumbangan pemikiran, tenaga, dan waktu Beliau sangat tak ternilai harganya," ujar Anang Latif, Direktur Utama BAKTI Kominfo dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Kominfo Mulai Tata Ulang Pita Frekuensi 2,3 GHz

Nonot banyak terlibat di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, ia juga pernah menjabat sebagai komisioner di Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) periode tahun 2009-2012 dan 2012-2015.

Nonot menjadi salah seorang anggota Dewan Pengawas di Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dari tahun 2016 hingga 2019.

Dalam tugasnya sebagai anggota Dewan Pengawas, Nonot ikut mengawal transformasi BAKTI Kominfo dari bentuk lamanya, yaitu BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika).

"Beliau adalah kawan diskusi yang memandang suatu issue dengan komprehensif, menggabungkan lesson learnt masa lalu, dinamika kekinian, dan peluang masa depan," lanjut Anang.

Baca juga: BAKTI Kominfo Raih Penghargaan Better Satellite Worlds Awards

Sebagai anggota Dewan Pengawas BAKTI, wawasan dan dukungan Nonot membawa BAKTI Kominfo maju dan berkembang, dan tetap berada dalam koridor yang baik, serta memastikan jangkauan BAKTI semakin lebar menyentuh dan memberi manfaat bagi masyarakat.

“Kami di BAKTI Kominfo akan meneruskan perjuangan Pak Nonot untuk menjadikan telekomunikasi dan informasi sebagai sarana yang mendorong masyarakat pada kesempatan-kesempatan untuk lebih baik,” tutup Anang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.