Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Samsung Pastikan Tak Ada Galaxy Note Baru Tahun Ini

Kompas.com - 28/07/2021, 07:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Samsung resmi mengumumkan akan menggelar acara "Galaxy Upacked" pada 11 Agustus mendatang. Perusahaan asal Korea Selatan itu sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan dua perangkat teranyar dari keuarga Galaxy Z series.

Kemungkinan besar, dua perangkat itu akan diberi nama Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, sesuai rumor yang berkembang selama ini. Di saat bersamaan, Samsung juga memastikan bahwa tidak ada Galaxy Note yang diperkenalkan di acara "Galaxy Unpacked" mendatang.

"Alih-alih memerkenalkan Galaxy Note baru di kesempatan ini, kami akan memperluas fitur kesayangan seri Note ke perangkat Samsung Galaxy lainnya," kata TM Roh, President and Head of Samsung Mobile Communictaions Business dalam blog resmi Samsung.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, Lebih Murah dari Pendahulunya

Fitur kesayangan yang dimaksud Roh adalah stylus Pen. Dia sekaligus mengonfirmasi rumor yang beredar selama ini. Samsung untuk pertama kalinya memberikan dukungan S Pen di ponsel lipat.

"Saya berharap Anda akan bergabung dengan kami ketika kami merilis keluarga Galaxy Z baru kami dan membagikan beberapa kejutan, termasuk S Pen pertama yang pernah ada, dirancang khusus untuk ponsel lipat," kata Roh.

Menurut bocoran sebelumnya, dukungan S Pen akan diberikan untuk Galaxy Z Fold 3. Namun, berbeda dengan S Pen di Galaxy Note, Galaxy Z Fold 3 dikabarkan tidak memiliki kompartemen stylus.

Roh mengatakan, Galaxy Z Fold merupakan gabungan dari segala hal terbaik yang dimiliki smartphone dan tablet, serta menawarkan cara kerja dan koneksivitas yang sepenuhnya baru.

Sementara Galaxy Z Flip akan menampilkan gaya desain yang baru serta lebih tangguh dibanding generasi sebelumnya.

"Saya sangat senang mengatakan ponsel lipat generasi ketiga kami akan membuka kapabilitas pengalaman multitasking yang baru dan peningkatan durabilitas untuk lebih banyak orang di dunia," tulis Roh.

Baca juga: Samsung Pastikan Buka Pre-order 11 Agustus di Indonesia, Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Roh juga mengatakan, Samsung bekerja sama dengan Gogole untuk memperkaya ekosistem ponsel lipatnya dengan aplikasi dan layanan populer. Seperti aplikasi video call Google Duo dan dukungan mode "Flex" untuk menonton YouTube.

Samsung juga bekerja sama dengan Microsoft untuk multitasking Microsoft Teams, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Rabu (28/7/2021).

Bocoran fitur Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3

Selain dukungan S Pen, Galaxy Z Fold 3 kabarnya akan dibekali wireless charging 9 watt, fast charging 25 watt, baterai 4.275 mAh, serta dukungan fitur ultra wide band (UWB).

Ponsel ini konon akan ditenagai chip Snapdragon 888 dan memiliki kamera depan di bawah layar alias under screen camera beresolusi 16 MP. Galaxy Z Fold 3 akan tampil dengan dua layar berjenis Super AMOLED, RAM berkapasitas 12 GB, berikut sistem operasi Android 11.

Kabarnya, ponsel ini akan memiliki lima kamera, yang mencakup tiga kamera belakang 12 MP, kamera depan, dan satu kamera lain dengan resolusi 10 MP.

Sementara untuk Galaxy Z Filp 3, menurut rumor yang beredar akan memiliki layar kedua dengan ukuran lebih besar dibanding pendahulunya.

Baca juga: Bocoran Jadwal Peluncuran Galaxy S22 Ultra Berkamera 200 MP Olympus

Ponsel ini kabarnya akan dibekali dengan kamera utama 12 MP, dan kamera ultra wide 12 MP, berikut kamera depan 10 MP.

Rumor lainnya mengatakan bahwa Galaxy Z Flip 3 akan hadir dengan kapasitas RAM 8 GB, baterai 3.300 mAh, Fast Charging 25 Watt, dan Wireless Charging 15 Watt.

Acara Galaxy Unpacked yang menjadi ajang perkenalan kedua ponsel akan disiarkan secara online pada Rabu (11/8/2021) mulai pukul 22.00 WIB melalui situs resmi Samsung di tautan berikut dan kanal YouTube Samsung di link ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com