Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Gelar IGDX 2021, Ajang Kumpul Developer Game Lokal dan Global

Kompas.com - 29/07/2021, 16:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Guna meningkatkan kapasitas pelaku industri game di dalam negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggelar ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021. 

Ajang ini akan menghadirkan pelaku industri game lokal dan global. Mereka akan berbagi ilmu, pengalaman, serta dapat membangun jaringan di antara para pengembang (developer)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, IGDX 2021 ini akan digelar secara virtual karena pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, mengatakan, event tersebut juga digelar untuk mendorong industri game lokal agar dapat bersaing di level global.

Semuel juga menjelaskan bahwa IGDX 2021 diadakan untuk menyambut momentum industri game yang saat ini sedang berkembang pesat di tengah pandemi.

Baca juga: Zoom Punya Game yang Bisa Dimainkan Sambil Meeting

"Kami ingin mendorong industri game ini mulai tumbuh supaya bisa memberikan potensi yang sedang tumbuh-tumbuhnya di Indonesia," ujar Semuel dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (29/7/2021).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, dalam konferensi pers Hub.id dan IGDX 2021, Rabu (28/7/2021). Kominfo Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, dalam konferensi pers Hub.id dan IGDX 2021, Rabu (28/7/2021).

Tiga kegiatan

Ajang IGDX 2021 sendiri dibagi menjadi tiga kegiatan, yaitu IGDX Academy, IGDX Conference, dan IGDX Business.

IGDX Academy merupakan pelatihan dari mentor yang sudah berpengalaman di industri game, baik lokal maupun asing. Kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga bulan penuh, dari 16 Agustus - 14 November mendatang.

Sementara dalam IGDX Business, pengembang bisa bertemu dengan penerbit (publisher) game, studio game, pemerintah, pengembang asing, sampai investor.

Ajang bertukar pikiran ini sendiri akan digelar selama 2 hari, yaitu 17-12 November, secara online.

Terakhir, IGDX Conference adalah ajang seminar dan lokakarya yang dilakukan secara online dan offline selama dua hari (20-21 November).

Baca juga: Ayu, Gadis Bali Pengisi Suara di Game PS5 Kena: Bridge of Spirits

Pembicara yang mengisi kegiatan tersebut berasal dari pemerintah, pelaku industri game lokal dan internasional, investor, serta perwakilan sektor industri lainnya.

Presiden AGI, Cipto Adiguno berharap IGDX 2021 bisa memberikan mentoring yang intensif bagi game developer di tinggkat mahir (advance) maupun level menengah (intermediate).

“Agar bisa mengembangkan kemampuan mereka berkembang, terutama dalam pengembangan produk dan bisnis,” tutur Cipto dalam kesempatan yang sama.

Cara daftar IGDX 2021

Tombol pendaftaran IGDX 2021 di laman resmi IGDX.id.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tombol pendaftaran IGDX 2021 di laman resmi IGDX.id.
Nah, bagi para pengembang game lokal yang berminat, keran pendaftaran untuk mengikuti gelaran IGDX 2021 sendiri sudah dibuka sejak 10 Juli dan akan dibuka hingga 2 Agustus mendatang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com