PS5 Jadi Konsol dengan Penjualan Tercepat

Kompas.com - 29/07/2021, 15:34 WIB
Ilustrasi PS5. SonyIlustrasi PS5.

KOMPAS.com - Belum genap satu tahun paska dirilis, penjualan konsol next-gen PlayStation 5 (PS5) telah memecahkan rekor baru. Hingga 18 Juli lalu, Sony Interactive Entertainment (SIE) mencatat bahwa PS5 telah terjual lebih dari 10 juta unit.

Tingginya angka tersebut sekaligus menobatkan PS5 sebagai konsol bikinan Sony yang paling cepat laris di pasaran sejak pertama kali diluncurkan pada November 2020,

Menurut keterangan tertulis Sony yang diterima KompasTekno, Kamis (29/7/2021), pencapaian PS5 itu melampaui rekor penjualan konsol pendahulunya, yakni PS4.

"PS5 merupakan konsol dengan penjualan tercepat dalam sejarah Sony Interactive Entertainment (SIE)," ujar SVP, Global Sales and Business Operations Veronica Rogers di situs SIE.

Baca juga: Jadwal Rilis Game Baru Juli 2021 untuk PC, PS4, PS5, Xbox, dan Switch

Meski telah menyandang gelar sebagai konsol dengan penjualan paling cepat, namun PS5 agaknya masih membutuhkan waktu yang lama untuk merebut gelar konsol terlaris sepanjang masa.

Beberapa faktor seperti tingginya permintaan yang tidak disertai dengan meningkatnya jumlah produksi unit diprediksi dapat menghambat penjualan PS5 dalam mencapai gelar tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Predikat konsol terlaris dipegang oleh PS2 yang telah terjual lebih dari 155 juta unit sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2000 lalu.

Sementara itu, konsol PS1, PS3 dan PS4 telah terjual masing-masing 102 juta, 87 juta, dan 116 juta unit, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers.

Selain mengumumkan pencapaian PS5, SIE turut membagikan kinerja penjualan dari sejumlah game anyar terbitannya.

Baca juga: Ayu, Gadis Bali Pengisi Suara di Game PS5 Kena: Bridge of Spirits

Di antaranya adalah Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Game yang diluncurkan pada November 2020 ini dilaporkan laris manis dan sudah terjual lebih dari 6,5 juta kopi.

Ada pula MLB The Show 21 yang sudah terjual hingga 2 juta kopi di seluruh platform. Game olahraga baseball ini udah dimainkan oleh lebih dari 4 juta pemain.

Sementara itu, Ratchet & Clank: Rift Apart dilaporkan sudah terjual lebih dari 1,1 juta kopi, diikuti oleh game Returnal dengan total penjualan sebanyak 560.000 kopi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.