Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Buka Kunci Slot SSD M.2 di PS5, Bisa Tambah Kapasitas Penyimpanan Game

Kompas.com - 30/07/2021, 14:28 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sony baru saja memulai pengujian beta test untuk sofware konsol PlayStation 5 (PS5). Menariknya, pengguna yang ikut serta dalam pengujian ini dapat memperluas kapasitas penyimpanan PS5.

PS5 hadir dengan penyimpanan Solid State Drive (SSD) berkapasitas 825 GB. Konsol ini juga dilengkapi slot SSD M.2 tambahan yang diletakkan di sisi samping ponsel.

Slot tambahan tersebut mulanya belum bisa digunakan, hingga pengujian beta test ini dimulai. Kini pengguna diberikan kesempatan untuk memanfaatkan slot SSD tambahan tersebut.

Melalui situs resmi PlayStation, Sony mengatakan bahwa slot SSD tambahan ini hanya bisa diisi dengan SSD NVMe M.2 PCIe 4.0 yang memiliki kecepatan baca 5.500 MB/detik.

Baca juga: PS5 Jadi Konsol dengan Penjualan Tercepat

Artinya, kapasitas penyimpanan di PS5 dapat diperluas menggunakan SSD generasi keempat. Beberapa contoh model SSD yang dapat digunakan termasuk model Samsung 980 Pro dan Western Digital SN850s.

Kehadiran kemampuan baru ini tentu merupakan kabar baik bagi pengguna PS5, terutama bagi mereka yang gemar memainkan game berukuran besar.

Meski demikian, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memperluas kapasitas SSD di PS5. Sony menganjurkan pengguna untuk menyematkan peredam panas (heatsink) pada slot SSD tersebut, guna mengatasi panas berlebih.

Sony juga mengatakan bahwa performa yang dihasilkan pada SSD tambahan tersebut mungkin tidak akan sebaik SSD bawaan konsol, meski kecepatan bacanya mencapai 5.500 MB/detik.

Baca juga: Daftar Game PS4 dan PS5 Terlaris, dari FIFA 21 hingga Resident Evil Village

Selain mengaktifkan slot tambahan, Sony juga membawa beberapa fitur baru ke PS5 seperti dukungan 3D audio untuk speaker built-in. Kabarnya, fitur ini bisa diatur menggunakan controller DualSense.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (30/7/2021), beberapa kemampuan lainnya meliputi peningkatan pada antarmuka Control Center, opsi baru di menu Friends dan PlayStation Now, serta kemampuan kategori untuk membedakan game PS4 dan PS5.

Perlu diperhatikan bahwa pengujian beta test ini baru dilakukan di sejumlah negara, meliputi AS, Kanada, dan sejumlah negara di Eropa. Masih belum diketahui kapan fitur-fitur baru ini akan diimplementasikan ke seluruh PS5. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com