Google Tendang Pengembang Aplikasi yang Malas dari Play Store

Kompas.com - 30/07/2021, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Pekan ini, Google merilis kebijakan baru di toko aplikasi Play Store menyangkut soal pembersihan akun-akun pengembang (developer) aplikasi yang "terbengkalai", alias sudah tidak aktif.

Google akan menutup akun milik pengembang aplikasi yang malas, yang sudah tidak aktif selama kurang lebih satu tahun, seperti mengunggah aplikasi baru atau tidak pernah lagi mengakses akun Google Play Console dalam satu tahun.

Menurut Google, kebijakan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem Play Store agar tetap menjadi platform penyedia aplikasi Android yang aman.

Baca juga: 8 Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Anda

Sebab, Google menganggap aplikasi yang aman adalah yang selalu dijaga (maintain) oleh pengembang. Untuk me-maintain aplikasi tersebut, pengembang mesti melakukannya melalui Google Play Console.

Sebagai informasi, Google Play Console adalah akun khusus developer untuk mempublikasikan aplikasi mobile di platform Android.

Di sisi lain, Google tidak akan menutup akun pengembang aplikasi di Play Store yang memiliki jumlah unduhan 1.000 instalasi ke atas, atau yang masih menerima transaksi pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) dalam jangka 90 hari terakhir.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Jumat (30/7/2021), kebijakan baru ini mulai berlaku pada 1 September 2021.

Baca juga: Google Luncurkan Tab Khusus Aplikasi Anak di Play Store

Bagi pengembang yang akunnya ditutup, mereka tetap bisa membuat akun baru di masa mendatang.

Namun, pengembang yang terdampak kebijakan ini, sudah tidak bisa lagi mengaktifkan aplikasi buatan mereka sebelumnya, mengaktifkan akun lama, atau mengakses data lainnya.

Informasi selengkapnya terkait panduan untuk membuat akun Google Play Console, bisa disimak melalui situs resmi Android Developers di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.