Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Besar Pabrikan Smartphone Global di Kuartal-II 2021

Kompas.com - 30/07/2021, 16:45 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset pasar Counterpoint Research merilis laporan terbaru yang menjabarkan 5 besar pabrikan ponsel dunia untuk kuartal-II 2021.

Berdasarkan laporan tersebut, pengiriman smartphone secara global di periode ini tercatat sebanyak 329 juta unit, meningkat 19 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Terdapat pergeseran posisi, di mana Apple yang menduduki urutan kedua di kuartal sebelumnya kini terjungkal ke posisi ketiga, disalip oleh Xiaomi yang kini menjadi runner-up, persis di bawah Samsung selaku pimpinan pasar.

Baca juga: Menyimak Perang Saudara Xiaomi di Indonesia, Jawara 5G Vs Pembunuh 5G

Menurut seorang analis senior Counterpoint Research, Harmeet Singh Walia, pertumbuhan Xiaomi disebabkan penjualan perangkat di segmen bawah, menengah, hingga flagship yang cukup baik, termasuk seri Redmi 9, Redmi Note 9, Redmi Note 10, dan Mi 11.

"Pertumbuhan pengiriman unit smartphone Xiaomi disumbang oleh sejumlah kawasan seperti Eropa, Asia Tenggara, hingga wilayah Amerika Latin dan Amerika Tengah," jelas Harmeet, dihimpun KompasTekno dari Counterpoint Research, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: RedmiBook 15 Meluncur, Laptop Pertama Xiaomi di Indonesia

"Wilayah Asia Tenggara dan Eropa sendiri merupakan pasar yang paling berkembang karena permintaan akan perangkat kelas menengah Xiaomi di sana meningkat pada kuartal-II 2021," imbuh Harmeet.

Berikut ini daftar 5 besar pabrikan smartphone dunia pada kuartal-II 2021 menurut Counterpoint Research, sesuai urutannya.

  1. Samsung masih duduk di urutan tertama dengan angka pengiriman smartphone mencapai 58 juta unit dan market share 17,6 persen.
  2. Xiaomi di posisi kedua mencatat 53 juta unit pengiriman smartphone dan memiliki pangsa pasar (market share) 16,1 persen.
  3. Apple mengirimkan 49 juta unit smartphone dengan market share 14,8 persen.
  4. Oppo duduk di posisi keempat dengan angka shipment 34 juta unit dan pangsa pasar 10,3 persen
  5. Vivo di urutan kelima menempel ketat Oppo. Angka pengirimannya mencapai 33 juta unit smartphone dengan market share 10 persen.

Adapun vendor lainnya, seperti OnePlus, Realme, dan Lenovo tergabung dalam kategori "Others" yang secara total  mengirimkan 103 juta unit smartphone pada kuartal-II 2021 dengan pangsa pasar 31,3 persen. Selengkapnya bisa dilihat dalam gambar di bawah.

5 besar vendor smartphone global menurut Counterpoint Research.Counterpoint Research 5 besar vendor smartphone global menurut Counterpoint Research.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com