Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Spotify Gabungkan Musik dan Berita di Satu Playlist

Kompas.com - 01/08/2021, 08:01 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming musik, Spotif,y merilis fitur baru bernama Teman Perjalananmu (Daily Drive) di Indonesia. Fitur ini berupa playlist yang menggabungkan musik dan podcast berita singkat di satu tempat.

Pengguna bisa mendengarkan musik sembari memutar siaran berita yang dikemas dalam bentuk podcast. Siaran berita tersebut berasal dari sejumlah portal media seperti BBC Indonesia, Kompas TV, Metro TV, dan KBR Prime.

Baca juga: Spotify Rilis Greenroom, Aplikasi Media Sosial Pesaing Clubhouse

Head of Studio Spotify for Southeast Asia, Carl Zuzarte, mengatakan bahwa Teman Perjalananmu hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna, khususnya dalam hal mengonsumsi berita dan menikmati konten hiburan sekaligus di dalam aplikasi.

"Para pendengar dapat menikmati playlist personal yang dikombinasi antara rekomendasi musik dan update berita terbaru," kata Zuzarte dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (1/8/2021).

Fitur Teman Perjalananmu (Daily Drive) di aplikasi SpotifyKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Teman Perjalananmu (Daily Drive) di aplikasi Spotify

Singkatnya, Teman Perjalananmu adalah perpaduan antara informasi (news) dan hiburan, yang dibuat secara personal untuk masing-masing pengguna.

Secara tampilan, Teman Perjalananmu bisa dibilang seperti playlist di mana pengguna dapat mendengarkan musik favorit mereka sambil diselingi oleh update berita dari sumber yang disebutkan tadi.

Baca juga: Spotify di Apple Watch Kini Bisa Download Lagu dan Podcast

Tentu, semua lagunya disesuaikan berdasarkan minat dan kesukaan masing-masing dari pengguna yang dipersonalisasi. Spotify mengatakan bahwa segmen berita akan diperbarui secara otomatis, sesuai dengan episode podcast terbaru.

Pengguna Spotify dapat mengakses fitur Teman Perjalananmu dengan cara meng-klik tab "Your Library", kemudian pilih opsi "Made For You". Selain itu, pengguna juga dapat mencari fitur ini pada bagian "Your Daily Mixes" dan playlist yang ada di aplikasi.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur Teman Perjalananmu telah muncul di aplikasi Spotify berbasis Android (versi 8.6.48.792) untuk pengguna di Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com