Tombol Alt+Tab Tidak Berfungsi di Windows 10, Ini Sebabnya

Kompas.com - 20/08/2021, 09:32 WIB
ilustrasi keyboard wiredilustrasi keyboard

KOMPAS.com - Kombinasi tombol Alt+Tab di Windows, kerap digunakan untuk mempercepat perpindahan dari satu jendela aplikasi ke aplikasi lain. Namun, sejumlah pengguna melaporkan kombinasi dua tombol ini tidak lagi berfungsi dengan semestinya.

Fungsi dari kombinasi tombol Alt+Tab di Windows 10 dilaporkan menghilang setelah mereka melakukan pembaruan Windows 10 untuk bulan Juli 2021 dan Agustus 2021.

Pembaruan yang dirilis pada Juli 2021 (KB5004296) sebenarnya disebut bersifat opsional. Namun, update yang diberikan pada Agustus ini (KB5005033) adalah patch keamanan untuk mengatasi masalah yang muncul saat pengguna bermain game.

Salah seorang pengguna juga mengaku bahwa ia mendapati layarnya berubah dan hanya menampilkan warna hitam saat menggunakan kombinasi tombol Alt+Tab ketika bermain game. 

Baca juga: 10 Cara Ampuh Mempercepat Laptop Windows 10

Ia juga mengatakan tidak bisa kembali ke dalam game yang ia jalankan setelah menekan kombinasi tombol tersebut.

"Ini merusak fungsionalitas Alt+Tab saat ingin beralih ke aplikasi game dalam mode layar penuh (full screen). Ketika ingin beralih ke permainan, tampilan layar justru berubah menjadi black screen. Sebaiknya jangan install pembaruan ini," tulisa seorang pengguna di halaman Feedback Hub.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, Feedback Hub adalah aplikasi yang digunakan oleh pengguna Windows untuk mengirimkan feedback (tanggapan), saran, dan laporan bug ke Microsoft.

Pengguna lainnya juga menuturkan hal serupa. Ia mengatakan saat menekan tombol Alt+Tab, aplikasi game yang sedang berjalan tiba-tiba keluar dengan sendirinya.

"Pembaruan Windows 10 ini merusak tombol Alt+Tab sehingga game yang dibuka melalui Steam tiba-tiba diminimalkan (minimize) di taskbar saya," jelas pengguna tersebut.

Cara mengembalikan fungsi Alt+Tab

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar fitur Alt+Tab kembali berfungsi seperti semula.

Pertama yaitu menonaktifkan "News and Interest". Caranya, klik kanan pada "Taskbar" Anda. Kemudian scroll ke atas hingga menemukan menu "News and Interest" lalu pilih "Turn Off".

Baca juga: Windows 11 Beta Sudah Tersedia, Begini Cara Memasangnya di PC dan Laptop

Nantinya, widget berita akan hilang dari Taskbar dan tombol Alt+Tab akan mulai berfungsi kembali. Untuk mengaktifkan kembali widget berita, Anda bisa mengulangi langkah-langkah seperti di atas.

Solusi selanjutnya yaitu menghapus pembaruan (uninstall) dengan cara membuka menu "Update & Security" lalu klik "View Update History", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Jumat (20/8/2021).

Di sana, Anda akan melihat opsi "Uninstall Update". Klik opsi tersebut untuk membuka "Control Panel". Nantinya, Anda cukup menekan tombol "Uninstall" untuk menghapus update sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.