Samsung Galaxy A21 Terbakar di Kabin Pesawat, Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 25/08/2021, 13:34 WIB
Penumpang pesawat Alaska Airlines turun dari pesawat setelah ponsel disebut Galaxy A21 terbakar di pesawat setelah mendarat di bandara Seattle, Senin (23/8/2021). Twitter/Kevin Ko @NewsWithKevinPenumpang pesawat Alaska Airlines turun dari pesawat setelah ponsel disebut Galaxy A21 terbakar di pesawat setelah mendarat di bandara Seattle, Senin (23/8/2021).

KOMPAS.com - Insiden ponsel terbakar di kabin pesawat kembali terjadi. Kali ini terjadi di kabin pesawat maskapai AS, Alaska Airlines. Ponsel yang terbakar di dalam pesawat itu dikabarkan adalah Samsung Galaxy A21.

Ponsel yang terbakar itu mengeluakan asap di kabin pesawat, awak kabin pun membuka pintu dan mengembangkan seluncur penyelamat (escape slide). Penumpang pun dievakuasi diminta turun dari pesawat.

Kejadian ini bermula saat pesawat dengan nomor penerbangan 751 rute New Orleans-Seattle itu baru saja mendarat di Bandara Internasional Seattle-Tacoma, Senin (23/8/2021) lalu.

Baca juga: iPhone Jatuh dari Pesawat dan Selamat, Kamera Video Terus Merekam

Secara tiba-tiba, ponsel yang berada di tempat penyimpanan di atas penumpang terbakar dan mengeluarkan asap tebal.

Kru penerbangan Alaska Airlines kemudian mengerahkan alat pemadam kebakaran dan memasukkan ponsel yang terbakar itu ke dalam kantong khusus tahan api.

Menurut Juru bicara bandara Seattle, Perry Cooper, ponsel tersebut tidak bisa diidentifikasi karena bentuknya sudah hangus.

"Saat wawancara dengan petugas Kepolisian Port of Seattle, pemilik ponsel menyatakan itu adalah Samsung Galaxy A21. Namun kami tidak dapat memastikan (model ponsel) hanya dengan melihat sisa-sisa perangkatnya saja," jelas Cooper.

Penampakan Galaxy A21gsmarena.com Penampakan Galaxy A21
Dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (25/8/2021), Alaska Airlines Penerbangan 751 saat itu mengangkut 128 penumpang dan enam awak kabin.

Dua penumpang dilaporkan mengalami luka-luka, dan telah ditangani di rumah sakit setempat.

Insiden ini mengingatkan pada perangkat Samsung Galaxy Note 7.

Baca juga: Samsung Jelaskan Mengapa Galaxy Note 7 Rawan Terbakar

Pada 2016 lalu, ponsel Samsung Galaxy Note 7 dilaporkan meledak di maskapai Southwest Airlines sebelum lepas landas dari Louisville menuju Baltimore, AS.

Insiden itu kemudian memicu Samsung menarik peredaran (recall) semua perangkat Galaxy Note 7 dari peredaran, setelah baru saja diluncurkan.

Belum diketahui apakah kejadian terbakarnya ponsel Samsung Galaxy A21 ini adalah satu insiden yang kebetulan saja (isolated incident), atau akibat dari cacat desain yang dimiliki ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.