MediaTek Kembali Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Dunia

Kompas.com - 03/09/2021, 12:35 WIB
MediaTek Dimenisty 800U chipset untuk ponsel 5G kelas menengah. Android PoliceMediaTek Dimenisty 800U chipset untuk ponsel 5G kelas menengah.

KOMPAS.com - Produsen chipset asal Taiwan, MediaTek, kembali mengukuhkan posisinya sebagai penguasa pasar chipset smartphone dunia.

Setidaknya begitulah menurut hasil riset terbaru dari firma riset pasar Counterpoint, dalam laporan bertajuk Global Smartphone Application Processor (AP) yang dipublikasi baru-baru ini.

Laporan tersebut mencatat pada kuartal II (Q2) 2021, MediaTek tercatat menguasai 38 persen pangsa pasar chipset smartphone secara global.

Dengan angka ini, MediaTek kembali mengalahkan pesaing utamanya, Qualcomm. Pada periode ini, Qualcomm kembali berada di peringkat kedua dengan 32 persen pangsa pasar.

Menurut para peneliti, keberhasilan MediaTek bertahan di posisi teratas tak lepas dari chipset 5G dan 4G besutannya.  

Dimensity 700 menjadi chipset MediaTek yang mendominasi di segmen smartphone 5G. Sementara chipset Helio P35 dan Helio G80 mendominasi di segmen ponsel 4G LTE.

Baca juga: MediaTek Umumkan Chip Dimensity 920 dan Dimensity 810 untuk Ponsel 5G

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu MediaTek juga kerap menjual chipset dengan banderol harga yang lebih murah. Sehingga, chipset buatan MediaTek banyak digunakan di smartphone kelas menengah ke bawah.

Pada kuartal-I 2021, pangsa pasar MediaTek juga unggul dari Qualcomm. Artinya, sepanjang 2021 ini sudah dua kuartal berturut-turut MediaTek memimpin pasar.

MediaTek sendiri sudah mengambil alih takhta penguasa chipset smartphone global dari Qualcomm sejak kuartal-III (Q3) 2020 lalu.

Ketika itu, MediaTek menguasai 31 persen pangsa pasar chipset smartphone global. Sementara, Qualcomm hanya menguasai 26 persen.

Halaman:


Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.