Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Hentikan Layanan Purna Jual untuk iPod Touch Generasi Ke-5

Kompas.com - 19/09/2021, 08:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Satu lagi produk Apple yang masuk dalam daftar perangkat yang sudah ketinggalan zaman atau tidak terpakai (obsolete). Apple baru saja menambahkan iPod Touch 16 GB generasi kelima yang dirilis tahun 2013 lalu, ke dalam kategori produk obsolete.

Dengan demikian, Apple telah menghentikan layanan purna jual untuk perangkat tersebut. iPod Touch tidak akan lagi mendapat servis perbaikan. Perusahaan pihak ketiga juga tidak bisa memesan suku cadang pengganti untuk iPod Touch 16GB generasi kelima itu.

Saat dirilis, iPod Touch 16GB generasi kelima dibekali layar Retina Display 4 inci, ditenagai chip dual-core, dan datang dengan Apple Earpods. iPod Touch ini dibanderol 229 dollar saat itu, lebih murah dari model sebelumnya, yakni 32 GB yang dijual 299 dollar AS.

Baca juga: Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

Menurunnya harga tersebut dikarenakan tidak adanya kamera iSight di sisi belakang. Apple juga menanggalkan strap pergelangan tangan di iPod Touch 16 GB.

Dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Minggu (19/9/2021), seluruh iPod Touch Generasi kelima telah disetop produksinya mulai Juli 2015.

Apple kemudian merilis iPod Touch generasi keenam yang dilengkapi dengan kamera. Model tersebut lalu digantikan generasi ketujuh pada tahun 2019.

Setiap kali produk Apple berhenti dijual, produk tersebut akan masuk daftar "vintage".
Barulah setelah itu, produk akan masuk kaetgori "obsolete".

Meskipun ada pengecualian, pada prinsipnya produk Apple yang masuk kategori "vintage" adalah perangkat yang tidak dijual oleh perusahaan selama lebih dari lima tahun, tapi kurang dari tujuh tahun.

Baca juga: Apple dan Pemerintah AS Pernah Bikin iPod Misterius, untuk Apa?

Produk yang masuk kategori "vintage" masih mendapatkan layanan purna jual dan perbaikan.
Layanan dan perbaikan sudah tidak lagi diberikan ketika produk masuk kategori "obsolete".

Sebelum iPod Touch 16GB generasi kelima, Apple sudah lebih dulu memasukan beberapa model lama iPod Touch ke kategori "obsolete".

Di antaranya adalah, iPod Touch generasi keempat, iPod Touch generasi kedua keluaran tahun 2008, iPod Touch generasi kedua keluaran tahun 2009, iPod Touch generasi ketiga 32 GB dan 64 GB, serta masih banyak lainnya.

Keseluruhan produk Apple yang masuk dalam kategori "vintage" maupun "obsolete" bisa dilihat di laman berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com