Astra Group Luncurkan Dompet Digital AstraPay

Kompas.com - 17/09/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi dompet elektronik AstraPay. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi dompet elektronik AstraPay.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.comAstra Group, melalui PT Astra Digital Arta, pekan ini resmi meluncurkan aplikasi dompet digital baru bernama AstraPay.

Sama seperti aplikasi dompet elektronik lainnya, AstraPay memungkinkan penggunanya transfer uang ke sesama pengguna dan ke rekening bank, serta membayar angsuran, tagihan, pajak, pulsa, token listrik, hingga melakukan pembayaran dengan scan QRIS.

Meski demikian, CEO AstraPay, Meliza Musa Rusli mengklaim AstraPay berbeda dengan pemain dompet elektronik lainnya yang sudah ada saat ini.

Baca juga: Halodoc dan Sayurbox Dapat Dana Rp 580 Miliar dari Astra International

Sebab, pengguna AstraPay akan bisa melakukan direct payment untuk pembayaran angsuran dari semua produk dan layanan yang berada di bawah payung Astra Group, seperti FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF).

"Karena dilahirkan oleh Astra yang sangat dekat dengan kebutuhan transportasi dan mobilitas serta dengan reputasi customer service yang baik, AstraPay akan mempunyai kekuatan di sektor dan ekosistem tersebut," kata Meliza, dihimpun KompasTekno dari Kontan, Jumat (17/9/2021).

Selain itu, AstraPay juga terintegrasi dengan sistem pembayaran moda transportasi umum yang ada di Jakarta, seperti MRT dan Transjakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk izin operasi di Tanah Air, AstraPay telah mendapatkan lisensi sebagai uang elektronik dari Bank Indonesia, sebagaimana tertuang dalam surat keputusan No. 22/59/DKSP/Srt/B dan surat keputusan Transfer Dana No. 22/273/DKSP/100.

Sedangkan untuk aspek keamanannya, AstraPay dilengkapi dengan mekanisme single device authentication yang diklaim aman, di mana pengguna AstraPay hanya bisa masuk (login) di satu perangkat saja.

Baca juga: 10 Layanan Dompet Digital di Indonesia, Siapa Paling Populer?

"AstraPay hadir melengkapi pilihan di industri pembayaran digital sebagai mitra terpercaya yang solutif terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar Director-In-Charge Astra Financial, Transportation, and Logistic, Suparno Djasmin.
 
"Kami meyakini kehadiran AstraPay dapat meningkatkan kenyamanan konsumen Indonesia saat melakukan pembayaran digital. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif terhadap Gerakan Nasional Non-Tunai dari Bank Indonesia,” pungkas Djasmin.

Aplikasi AstraPay sendiri saat ini sudah tersedia di Indonesia dan bisa diunduh di smartphone melalui toko aplikasi Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.