Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Buruk untuk Peminat PS5 dan Xbox Series X

Kompas.com - 19/09/2021, 13:11 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diluncurkan, konsol Sony PlayStation 5 (PS5) dan Microsoft Xbox Series X sulit didapatkan di pasaran.

Kabar buruknya, peminat kedua konsol game tersebut tampaknya masih harus bersabar hingga dua tahun ke depan. Pasalnya, kedua konsol tersebut diperkirakan masih akan terus langka di toko-toko hingga 2023 mendatang.

Prediksi itu didasari pernyataan Direktur Toshiba, Takeshi Kamebuchi, yang mengatakan pihaknya bakal mengalami kesulitan memenuhi permintaan para pelanggannya hingga September tahun depan.

Baca juga: Siap-siap, Harga Game PS5 Bakal Makin Mahal

Toshiba merupakan salah satu pemasok chip regulator daya untuk aneka jenis perangkat, mulai dari barang elektronik rumah tangga hingga otomotif. Sejumlah pelanggan terbesarnya adalah para pelaku industri konsol game, seperti Sony dan Microsoft.

"Pembuat konsol game adalah salah satu pelanggan yang membuat banyak pesanan dibanding pelanggan di segmen lainnya. Saya pun sangat prihatin atas kekecewaan mereka, sebab tidak ada dari mereka yang permintaannya 100 persen terpenuhi," ujar Takeshi.

Baca juga: Microsoft Akui Penjualan Konsol Xbox Tidak Pernah Untung

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GamesRadar, Minggu (19/9/2021), para pabrikan konsol pun tak bisa begitu saja beralih ke pabrikan lain karena berbagai sertifikasi keamanan diperlukan untuk chip regulator daya.

Untuk mengatasi kelangkaan chip regulator daya ini, Toshiba berencana untuk menambah kapasitas produksi dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini juga bertujuan mengantisipasi masalah serupa di kemudian waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com