Kabar Buruk untuk Peminat PS5 dan Xbox Series X

Kompas.com - 19/09/2021, 13:11 WIB
Ilustrasi konsol game PS5 dan Xbox Series X. ForbesIlustrasi konsol game PS5 dan Xbox Series X.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diluncurkan, konsol Sony PlayStation 5 (PS5) dan Microsoft Xbox Series X sulit didapatkan di pasaran.

Kabar buruknya, peminat kedua konsol game tersebut tampaknya masih harus bersabar hingga dua tahun ke depan. Pasalnya, kedua konsol tersebut diperkirakan masih akan terus langka di toko-toko hingga 2023 mendatang.

Prediksi itu didasari pernyataan Direktur Toshiba, Takeshi Kamebuchi, yang mengatakan pihaknya bakal mengalami kesulitan memenuhi permintaan para pelanggannya hingga September tahun depan.

Baca juga: Siap-siap, Harga Game PS5 Bakal Makin Mahal

Toshiba merupakan salah satu pemasok chip regulator daya untuk aneka jenis perangkat, mulai dari barang elektronik rumah tangga hingga otomotif. Sejumlah pelanggan terbesarnya adalah para pelaku industri konsol game, seperti Sony dan Microsoft.

"Pembuat konsol game adalah salah satu pelanggan yang membuat banyak pesanan dibanding pelanggan di segmen lainnya. Saya pun sangat prihatin atas kekecewaan mereka, sebab tidak ada dari mereka yang permintaannya 100 persen terpenuhi," ujar Takeshi.

Baca juga: Microsoft Akui Penjualan Konsol Xbox Tidak Pernah Untung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GamesRadar, Minggu (19/9/2021), para pabrikan konsol pun tak bisa begitu saja beralih ke pabrikan lain karena berbagai sertifikasi keamanan diperlukan untuk chip regulator daya.

Untuk mengatasi kelangkaan chip regulator daya ini, Toshiba berencana untuk menambah kapasitas produksi dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini juga bertujuan mengantisipasi masalah serupa di kemudian waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.