Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet IndiHome Dilaporkan Mengalami Gangguan

Kompas.com - 19/09/2021, 19:42 WIB
Yudha Pratomo

Editor

KOMPAS.com - Layanan internet IndiHome dilaporkan bermasalah. Sebagian pengguna IndiHome mengeluh layanan internet tersendat hari ini, Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 18.30 WIB.

Dari pantauan lini masa Twitter, para pengguna mengeluhkan lambatnya koneksi internet. Salah satunya akun @DanangMukti, ia mengatakan layanan IndiHome bermasalah sejak sore ini.

Layanan Indihome dilaporkan mengalami gangguanKompasTekno Layanan Indihome dilaporkan mengalami gangguan

Begitu pula dengan Nanda, ia juga mengaku mengeluhkan koneksi yang melambat saat mengakses YouTube.

Baca juga: Separah Apa Kiamat Internet yang Dipicu Badai Matahari Ekstrem?

"IndiHome aku susah, ganti Telkomsel, aman," kata Nanda kepada KompasTekno.

Sama seperti Nanda, akun Twitter @jysuklofms_ juga mengeluhkan sulitnya mengakses YouTube. Ia mengatakan tidak bisa membuka satu pun video di layanan streaming tersebut.

Pengguna lain dengan akun Twitter @nayroubee mengeluhkan hal serupa. Bahkan, bukan hanya layanan IndiHome yang ia keluhkan bermasalah, melainkan juga provider Telkomsel.

Bahkan di lini masa Twitter, kata kunci IndiHome juga menjadi topik yang banyak diperbincangkan.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet di Seluruh Dunia, Indonesia Murah atau Mahal?

Berdasarkan halaman downdetector, laporan gangguan layanan ini berasal dari wilayah Jakarta. Terpantau ada lebih dari 180 laporan hingga berita ini ditayangkan.

Sejumlah pengguna Indihome mengeluhkan lambatnya koneksiDowndetector.id Sejumlah pengguna Indihome mengeluhkan lambatnya koneksi

Update: Respons Telkom dan Telkomsel

Baca juga: Internet IndiHome dan Telkomsel Gangguan, Ini Penyebabnya

PT Telkom Indonesia membenarkan adanya gangguan koneksi terhadap layanan internet besutannya. Menurut SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, gangguan tersebut terjadi mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Ahmad mengatakan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak.

Gangguan ini mengakibatkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah di Indonesia.

"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini," kata Ahmad melalui pernyataan resmi kepada KompasTekno, Minggu (19/9/2021).

Senada dengan Ahmad, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, juga mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Menurut Denny, gangguan jaringan Telkomsel dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," kata Denny kepada KompasTekno.

Adapun gangguan ini hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel, sedangkan layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan dengan normal.

"Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," kata Denny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com