Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur-fitur iOS 15 Ini Hanya Tersedia di iPhone XS ke Atas

Kompas.com - 21/09/2021, 18:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Setelah cukup lama dinantikan pengguna iPhone, Apple akhirnya menggulirkan iOS 15 ke publik mulai hari ini. Seperti yang diumumkan Apple sebelumnya, iOS 15 akan hadir di banyak model iPhone.

Model lama seperti iPhone 6s pun akan kebagian pembaruan software ini. Akan tetapi, tidak semua fitur yang dibawa iOS 15 akan bisa digunakan iPhone model lama. Ada beberapa fitur di iOS 15 yang hanya bisa dipakai di model-model iPhone baru saja.

Baca juga: iOS 15 Sudah Bisa Di-download di Indonesia

Berikut fitur-fitur iOS 15 yang hanya akan hadir di iPhone XS ke atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Selasa (21/9/2021).

Fitur iOS 15 untuk iPhone XS hingga iPhone 13

  • Spatial Audio di Face Time. Fitur ini diklaim akan memberikan pengalaman video call yang lebih baik, seolah-olah suara lawan bicara ada di sekeliling pengguna.
  • Portrait Mode di Face Time. Fitur ini memungkinkan penguna membuat efek blur di latar belakang saat melakukan video call. Fitur ini hanya hadir di perangkat yang ditenagai chip A12 Bionic atau yang lebih baru.
  • Interactive Globe di Apple Maps. Fitur ini menampilkan Apple Maps dalam bentuk 3D interaktif. Apple juga meningkatkan detail obyek khusus seperti pegunungan, hutan, laut, dan sebagainya.
  • Immersive Walking Direction di Maps. Fitur ini akan menuntun pengguna untuk menemukan jalan dengan teknologi realitas ganda (augmented reality).
  • Live Text Photos. Fitur ini memungkinkan pengguna menyalin, mencari, hingga menerjemahkan teks di dalam foto secara langsung. Live Text akan tersedia di foto, screenshot, Quick Look Safari, dan live previews dengan Camera.

    Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 15

  • Visual Look up. Dengan fitur ini pengguna bisa lebih mudah mencari informasi lebih lanjut melalui foto secara langsung. Pengguna cukup mengusap layar ke atas (swipe up) atau klik untuk menyoroti obyek tertentu dalam foto yang ingin dikulik lebih lanjut.
  • Latar belakang animasi di fitur Cuaca. Ada ribuan background (latar belakang) animasi di fitur Cuaca yang memposisikan matahari dan awan lebih akurat. Mungkin sepele, tapi pembaruan ini cukup menarik bagi sebagian pengguna.
  • On-device Speech Processing. Fitur ini memungkinkan suara audio permintaan pengguna, seperti saat mengaktifkan Siri, diproses sepenuhnya di dalam iPhone menggunakan teknologi Apple Neural Engine.
  • Keys in Wallet. Pengguna bisa menambahkan berbagai kunci di satu perangkat, seperti kunci mobil, rumah, kantor dan sebagainya.

Ilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.NikkeiAsia Ilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

Fitur iOS 15 untuk iPhone 12

Selain fitur-fitur di atas, ada beberapa fitur lain yang hanya tersedia di iPhone 12. Kebanyakan adalah fitur yang berkaitan dengan 5G.

  • Panorama. Fitur Panorama di iPhone 12 dan iPhone 12 Pro telah ditingkatkan dengan distorsi geometrik. Selain itu, pengambilan gambar obyek bergerak juga disebut lebih baik dari sebelumnya. Fitur ini juga akan mengurangi noise pada gambar.
  • Peningkatan koneksivitas 5G. Dengan koneksivitas 5G yang ditingkatkan, pengalaman akses beberapa sistem dan aplikasi akan ikut tertunjang.

    Baca juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Update iPhone ke iOS 15

    Misalnya dukungan pencadangan (backup) ke iCloud dan memulihkan cadangan dari iCloud, streaming audio maupun video di aplikasi Apple maupun pihak ketiga, mengunduh konten Apple TV+ berkualitas tinggi, dan masih banyak lainnya.

  • Prioritas 5G. Fitur ini memungkinkan perangkat memprioritaskan koneksivitas 5G ketika koneksi WiFi melambat atau ketika pengguna sedang terhubung ke jaringan yang tidak aman.

Ilustrasi iPhone 13Apple Ilustrasi iPhone 13

Fitur iOS 15 untuk iPhone 13

iOS 15 juga membawa beberapa fitur khusus yang akan hadir hanya di lini iPhone 13. Meskipun saat ini, iPhone 13 baru akan dijual secara global 24 September mendatang.

  • Cinematic Mode. Pengguna bisa menerapkan efek bokeh ke rekaman video dengan mengaktifkan mode ini.

  • Photographic Styles. Fitur ini akan memberikan tampilan personal di foto pengguna. Fungsinya seperti filter, tapi pengaturannya hanya diterapkan di area tertentu pada foto sambil tetap mempertahankan skin tone.

    Baca juga: Membandingkan Spesifikasi iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com