Inikah Calon Samsung Galaxy Note Versi Baru yang Bisa Dilipat?

Kompas.com - 25/09/2021, 08:35 WIB
S Pen memiliki warna senada dengan unit Galaxy Note 20 Ultra varian Mystic Bronze yang diterima KompasTekno. Bagian depan dan belakang ponsel berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus. Finishing di punggung berjenis matte sehingga terasa tidak licin sekaligus tak mudah ternoda sidik jari. 
KOMPAS.com/ OIK YUSUFS Pen memiliki warna senada dengan unit Galaxy Note 20 Ultra varian Mystic Bronze yang diterima KompasTekno. Bagian depan dan belakang ponsel berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus. Finishing di punggung berjenis matte sehingga terasa tidak licin sekaligus tak mudah ternoda sidik jari.

KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung tidak merilis Galaxy Note seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu alasan yang dikemukakan adalah bahwa Galaxy Note terdampak krisis kelangkaan chip.

Kini, rumor terbaru tentang Galaxy Note mulai berhembus. Salah satu pembocor gadget kenamaan Ice Universe menyebut bahwa Samsung sedang menyiapkan Galaxy Note baru. Informasi itu didapatkan dari sumber yang ada di lini rantai pasokan.

Galaxy Note baru ini kemungkinan besar akan berbeda dari model Galaxy Note yang sudah ada selama ini. LetsGo Digital mendapati sebuah paten yang didaftarkan Samsung dengan judul "Galaxy Flex Note Foldable Smartphone".

Baca juga: Menjajal Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3, Kini dengan Stylus S Pen

Dari namanya -merujuk kata "Flex"- kemungkinan Galaxy Note baru nanti akan bisa dilipat.
Dari bocoran desain render LetsGo Digital yang dihimpun KompasTekno, Sabtu (25/9/2021) Galaxy Note model baru itu tampak mirip dengan Galaxy Z Fold3.

Render desain yang dibuat LetsGo Digital dari paten Galaxy Flex Note Foldable Samrtphone.LetsGo Digital Render desain yang dibuat LetsGo Digital dari paten Galaxy Flex Note Foldable Samrtphone.
Seperti Galaxy Z Fold 3 pula, perangkat dalam ilustrasi paten terlihat bisa dlipat secara vertikal. Bedanya, bagian layar yang dilipat hanya sepertiga, alih-alih setengah, dan arah lipatannya adalah ke luar.

Dalam keadaan terlipat, bagian layar yang dilipat pun terlihat hanya menutupi setengah sisi belakang perangkat. Saat dibentangkan, layar perangkat ini sepertinya memiliki aspect ratio yang lebih memanjang ketimbang Galaxy Z Fold.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi belakang terdapat celah kecil yang digunakan sebagai tempat stylus S Pen. Celah tersebut akan tertutup ketika layar dilipat, lalu kembali terbuka saat layar dibentangkan sehingga pengguna bisa mengambil stylus.

Sosok stylus-nya sendiri terlihat pipih, mungkin agar bisa muat di dalam perangkat sambil tidak menambah tebal dimensi keseluruhan.

Baca juga: Dua Mode Samsung Galaxy Z Fold 3, Jadi Tablet 7 Inci dan Smartphone 6 Inci

Walaupun patennya telah didaftarkan, bukan berarti desain ini akan segera direalisasikan. Namun, Samsung pernah mendaftarkan paten berdasarkan desain ini bulan April 2020 lalu.

Kemudian Oktober tahun lalu, paten serupa didaftarkan di China, seperti yang dilaporkan SamMobile. Meskipun Galaxy Note absen tahun ini, Samsung tetap memperkenalkan duo smartphone lipat baru, Galaxy Z Fold3 dan Galazy Z Flip3.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.