Bocoran Pertama Tampilan Android 12.1

Kompas.com - 03/10/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 CNETIlustrasi sistem operasi Android 12

KOMPAS.com - Setelah merilis Android 12, Goole diperkirakan akan meluncurkan sistem operasi mobile berikutnya, yang disinyalir bernama Android 12.1.

Sistem operasi Android 12.1 kabarnya merupakan pembaruan minor dari Android 12 yang disebut akan memulai debutnya di Pixel 6 series. Pixel 6 sendiri rencananya akan meluncur pada Oktober 2021 ini.

Belakangan, beredar bocoran serangkaian foto yang diduga tangkapan layara (screenshot) antarmuka Android 12.1. Kalau benar, maka ini adalah penampakan pertama dari tampilan sistem operasi tersebut.

Baca juga: Instal Game di Android 12 Bakal Ada Tanda Petir, Ini Artinya

Dari bocoran gambar yang beredar, terlihat bahwa (UI) Android 12.1 didesain lebih sederhana dengan perpaduan warna solid. Bocoran foto ini berasal dari situs teknologi XDA Developers.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, antarmuka Android 12.1 terlihat terpasang di perangkat layar lipat, memberikan petunjuk ponsel layar lipat Google Pixel Fold.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bocoran wujud Android 12.1XDA-Developers.com Bocoran wujud Android 12.1

Antarmuka yang ditampilkan menganut konfigurasi dual-pane, di mana tata letak menu dibagi menjadi dua bagian.

Misalnya, pada menu pull-down notifikasi. Pengguna akan melihat panel kanan-kiri yang menampilkan area notifikasi di sisi kanan dan sistem pengaturan ponsel yang ada di sisi kiri.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ars Technica, Sabtu (2/10/2021), konfigurasi panel ganda ini disebut menggunakan gaya desain 50/50, yang artinya satu layar penuh dipisah menjadi dua bagian.

Yang jadi pertanyaan, aspek rasio antarmuka ini tidak pas untuk sebuah tablet, terlihat terlalu memanjang. Akan lebih pas jika ditampilkan pada layar ponsel Pixel yang berdampingan (dua layar kanan-kiri).

Sekilas, tampilan panel ganda ini mirip seperti sistem operasi Android Honeycomb (versi 3.0) yang khusus ditujukan untuk perangkat tablet.

Baca juga: Daftar HP Android yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.