Instal Game di Android 12 Bakal Ada Tanda Petir, Ini Artinya

Kompas.com - 14/07/2021, 07:08 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pengguna smartphone dengan sistem operasi (OS) Android 12 nantinya bakal bisa memainkan game secara langsung ketika mereka sedang mengunduh (download) game tersebut di toko aplikasi Google Play Store.

Pada perangkat Android 11 ke bawah, pengguna sejatinya harus menunggu hingga proses download selesai atau mencapai 100 persen, sebelum mereka bisa memainkan game favoritnya.

Fitur yang dinamai "Play as You Download" ini diumumkan Google dalam ajang kumpul pengembang (developer) Google for Games Developer Summit 2021 yang digelar 12-13 Juli.

Dalam kesempatan tersebut, Google juga mendemonstrasikan bagaimana fitur anyar ini bekerja, di mana game berjudul Touchgrind BMX yang berukuran 127 MB bisa dimainkan meski proses unduhannya baru 18 persen.

Tampilan fitur Play as You Download di game Touchgrind BMX.Google Tampilan fitur Play as You Download di game Touchgrind BMX.

Tidak dijelaskan apakah seluruh game nantinya akan bisa dimainkan ketika proses download mencapai 18 persen, atau fitur tersebut akan bergantung pada ukuran (size) game yang sedang diunduh.

Yang jelas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (14/7/2021), fitur ini  mengandalkan sistem bernama "Play Asset Delivery" yang bisa disematkan oleh pengembang ke game bikinannya secara opsional.

Bila game memiliki fitur Play Asset Delivery, game tersebut akan ditandai dengan ikon menyerupai "kilatan petir" yang menghiasi tombol "Install" di Google Play Store.

Google memastikan para pengembang yang sudah menyematkan sistem Play Asset Delivery tidak perlu memperbarui gamenya untuk menghadirkan fitur Play as You Download.

Baca juga: 6 Fitur Baru yang Hadir di Android 12

Selain fitur tersebut, Google juga memperkenalkan fitur Game Dashboard, sebuah tampilan overlay yang akan bisa diakses pengguna Android 12 untuk merekam gameplay, membuat screenshot, dan lain sebagainya, ketika bermain game.

Fitur Android 12

Terkait Android 12 sendiri, OS ini dibekali dengan sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih simpel. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.