Kompas.com - 19/10/2021, 13:09 WIB
Apple Polishing Cloth Apple.comApple Polishing Cloth
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran MacBook Pro dan AirPods 3, Apple turut memperkenalkan produk baru berupa kain pembersih gadget bernama Polishing Cloth.

Sesuai namanya, kain ini berfungsi untuk membersihkan layar aneka perangkat Apple, mulai dari arloji pintar Apple Watch, iPhone, iPad, iPod, hingga monitor MacBook dan iMac.

Harganya terbilang mahal untuk selembar kain pembersih, yakni 19 dollar AS atau lebih dari Rp 260.000. Laman produk terkait di situs Apple tidak mencantumkan keterangan ukuran dari Polishing Cloth.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Pro 14 Inci dan 16 Inci Terbaru dengan Layar Berponi

Namun, ada "compatibility list" berisi daftar perangkat yang layarnya bisa dibersihkan dengan Polishing Cloth. Entah ini berarti kain tersebut hanya bisa digunakan untuk membersihkan layar perangkat dalam daftar atau tidak.

Jika dilihat dari desainnya, Apple Polishing Cloth bisa dibilang mirip seperti kain microfiber pada umumnya. Hanya saja, kain pembersih ini didominasi dengan warna putih dan terdapat logo Apple yang timbul di pojok kanan bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple tidak menjelaskan apa keistimewaan produk ini dibanding kain pembersih berbahan microfiber yang umumnya dijual dengan harga jauh lebih murah.

Namun, Apple mengklaim bahwa kain ini dibuat dengan bahan non-abrasif yang lembut, sehingga aman dan efektif jika digunakan untuk membersihkan semua jenis layar perangkat Apple, termasuk monitor Pro Display XDR dan iMac 27 inci yang memiliki tekstur nano.

Baca juga: Apple Jual Seperangkat Roda Mac Pro Seharga iPhone 11

Monitor Pro Display XDR memang datang dengan kain pembersih khusus yang mirip-mirip Polishing Cloth kali ini. Apple mengatakan layar itu hanya bisa dibersihkan dengan kain tersebut, tapi tak menjelaskan alasannya.

Pernak-pernik atau aksesori gadget berharga relatif mahal bukan hal baru buat Apple. Sebelumnya. Selain kain pembersih Rp 260.000, pabrikan itu juga menjual roda untuk komputer Mac Pro seharga iPhone dan stand monitor berbanderol Rp 14 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.