Apple Perkenalkan Chip M1 Pro dan M1 Max, Apa Kehebatannya?

Kompas.com - 19/10/2021, 14:08 WIB
Apple memperkenalkan chip M1 Pro dan M1 Max yang mentenagai jajaran Macbook Pro 2021 terbaru. The VergeApple memperkenalkan chip M1 Pro dan M1 Max yang mentenagai jajaran Macbook Pro 2021 terbaru.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam ajang bertajuk "Unleashed" yang digelar pada Senin (18/10/2021) malam WIB, Apple memperkenalkan dua chip terbarunya yaitu M1 Pro dan M1 Max. Kedua chip ini hadir di jajaran komputer MacBook Pro 2021.

Seperti namanya, kedua chip ini merupakan chip M1 varian lain yang sama-sama dirancang dengan fabrikasi 5nm. Namun, M1 Pro dan M1 Max memiliki kemampuan yang berbeda.

Untuk chip M1 Pro, Apple menjanjikan peningkatan performa CPU hingga 70 persen dan performa grafis yang meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan chip M1 versi reguler. 

Hal ini berkat jumlah inti CPU yang ada di dalam M1 Pro dan M1 Max yang kini ditingkatkan menjadi sepuluh inti (10-core), yang terdiri dari delapan inti untuk kinerja berat (performance core) dan dua inti untuk hemat daya (efficiency core).

Baca juga: Bos Apple Sesumbar Chip M1 Bikin Komputer Mac Lebih Laku

Di chip M1 reguler, jumlah core CPU-nya sendiri hanya ada delapan (8-core) dan terdiri dari empat inti untuk kinerja berat dan empat inti untuk hemat daya.

Selain CPU, peningkatan juga dilakukan Apple pada aspek pengolah grafis (GPU) dan memori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

M1 Pro memiliki GPU dengan enam belas inti (16-core), 2.048 execution units (EUs), dukungan RAM hingga 32 GB, dan bandwidth memori hingga 200 GB/detik.

Sementara itu, M1 Max memiliki kemampuan GPU dan memori dua kali lipat lebih mumpuni dibanding M1 Pro, yakni GPU 32-core, 4.096 EUs, dukungan RAM hingga 64 GB, dan bandwidth memori hingga 400 GB/detik.

Ilustrasi ukuran fisik chip M1, M1 Pro, dan M1 Max.The Verge Ilustrasi ukuran fisik chip M1, M1 Pro, dan M1 Max.
Di atas kertas, kedua spesifikasi GPU dan memori pada dua chip anyar Apple ini lebih tangguh dibanding M1 reguler yang hanya dibekali dengan GPU 7-core/8-core, serta dukungan RAM yang hanya mentok di 16 GB. 

Baca juga: Ditemukan, Malware Pertama di Komputer Mac M1 Apple

Kendati demikian, sama seperti chip Apple M1 versi reguler, M1 Pro dan M1 Max juga masih mengadopsi memori terpadu yang terintegrasi di dalam System on Chip, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Selasa (19/10/2021).

Secara fisik, chip M1 Pro sendiri memiliki 33,7 miliar transistor dan sejatinya lebih besar dibanding M1 reguler dengan 16 miliar transistor. Sedangkan M1 Max berukuran lebih besar dari keduanya lantaran memiliki 57 miliar transistor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.