Fitur Satu Akun WhatsApp di 4 Perangkat Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 21/10/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi WhatsApp businessinsider.comIlustrasi WhatsApp
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp di Indonesia kini sudah bisa menikmati fitur dukungan multi-device yang mulai digelontorkan WhatsApp sejak Juli lalu.

Fitur atau dukungan ini memungkinkan satu akun WhatsApp bisa digunakan di empat perangkat secara bersamaan tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor yang terdaftar.

Biasanya, ketika pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti aplikasi desktop atau web, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online.

Pantauan KompasTekno, Kamis (21/10/2021), dukungan multi-perangkat ini masih dalam tahap beta. Untuk mencoba dukungan ini, pengguna WhatsApp di Tanah Air juga harus bergabung dalam program beta.

Caranya dengan meng-klik menu "Linked devices" melalui ikon "tiga titik" yang berada di pojok kanan tampilan utama WhatsApp Android/iOS. Lalu, klik menu "Multi-device beta" dan klik tombol "Join Beta".

Baca juga: Resmi, Backup Chat WhatsApp di Google Drive dan iCloud Dijaga Enkripsi End to End

Cara menggunakan fitur Multi-device di WhatsApp.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara menggunakan fitur Multi-device di WhatsApp.
Setelah itu, pengguna bisa kembali ke tampilan sebelumnya dan klik "Link a device" untuk memindai kode QR di perangkat yang ingin dihubungkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu dicatat, apabila pengguna sebelumnya sudah login di WhatsApp Web atau Desktop, maka pengguna akan kembali diminta untuk memindai kode QR yang baru. 

Dengan dukungan multi-devices atau multi-perangkat, pengguna WhatsApp dapat menggunakan di perangkat lain, meski ponsel dengan nomor yang terdaftar dalam keadaan offline atau tidak terhubung internet.

Hal ini akan sangat berguna apabila ponsel pengguna tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau memiliki koneksi internet yang buruk, tetapi mereka masih memiliki koneksi internet di PC.

Dengan begitu, fitur anyar ini bisa dibilang menyerupai akses media sosial, di mana sebuah akun bisa login di mana saja tanpa keterikatan dengan sebuah perangkat atau smartphone.

Baca juga: Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Isi Chat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.