Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Isi Chat

Kompas.com - 14/10/2021, 10:20 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Saat hendak mengganti nomor WhatsApp, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah riwayat percakapan yang ada di nomor lama. Biasanya ketika mengganti nomor WhatsApp, riwayat tersebut akan ikut terhapus.

Nah, agar tidak kehilangan data percakapan, WhatsApp sebenarnya mengizinkan para penggunanya mengganti nomor ponsel yang telah terintegrasi dengan yang baru tanpa menghapus data pengguna.

Dengan begitu, pengguna akan tetap terhubung dengan para teman dan keluarganya, meski nomor WhatsApp-nya baru. Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur ganti nomor ponsel ini?

Baca juga: Cara Memperbarui WhatsApp ke Versi Terkini

Cara mengganti nomor WhatsApp.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengganti nomor WhatsApp.
Untuk mengganti nomor WhatsApp, pengguna cukup pergi ke menu pengaturan atau "Settings". Kemudian, pilih menu "Account", "Change number", dan klik tombol "Next" di tampilan selanjutnya.

Lalu, masukkan nomor WhatsApp pengguna yang lama (yang sedang digunakan saat ini) dan nomor WhatsApp pengguna yang baru (yang akan digunakan nanti) pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol "Next".

Pada tampilan selanjutnya, pengguna bakal disodorkan dengan jendela konfirmasi bahwa nomor WhatsApp yang sekarang akan digantikan dengan nomor yang baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tampilan ini pula, pengguna bisa mengaktifkan fitur "Notify contacts" untuk memberitahu ke seluruh orang yang berada di dalam grup yang pengguna ikuti, bahwa nomor ponselnya telah diganti.

Cara mengganti nomor WhatsApp.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengganti nomor WhatsApp.
Apabila nomor ponsel sudah benar dan fitur Notify contacts sudah diaktifkan/dinonaktifkan, klik tombol "Done".

Baca juga: Update WhatsApp Punya Tampilan Baru, Kirim Foto Bisa Ditempel Stiker

Pada tampilan selanjutnya, pengguna akan dimintai enam digit kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel baru. Kode tersebut bisa saja dikirimkan melalui panggilan suara.

Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang didapat dan apabila kode verifikasi benar, maka WhatsApp akan melanjutkan proses verifikasi dalam beberapa saat.

Jika proses verifikasi sudah selesai, maka akan ada jendela pop-up yang menyatakan bahwa nomor WhatsApp sudah diganti ke nomor baru, tanpa menghapus data-data percakapan dan informasi dalam grup.

Nomor WhatsApp yang sudah diganti meminta verifikasi.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Nomor WhatsApp yang sudah diganti meminta verifikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.