Kompas.com - 25/10/2021, 18:32 WIB
ilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro CNETilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro

KOMPAS.com - Layanan purna jual sering menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli ponsel baru.

Harapannya, apabila ada kerusakan pada ponsel yang baru dibeli, konsumen masih berhak mendapatkan layanan perbaikan resmi secara cuma-cuma, selama masa garansi masih berlaku.

Tapi, agaknya hak tersebut tidak didapatkan oleh Theodore A. Kim, seorang pengguna iPhone 12 asal San Francisco, Amerika Serikat.

Kim mengajukan gugatan kepada Apple karena menolak memperbaiki iPhone 12 miliknya, yang diklaim masih dalam masa garansi.

Beda klaim

Sumber permasalahannya adalah beda cerita soal kapan iPhone 12 itu rusak. Kim mengaku perangkatnya rusak saat berada di service center Apple, namun Apple merasa iPhone itu sudah "dirusak" sebelum dikirim, sehingga garansinya hangus.

Kim sendiri membeli iPhone 12 pada Oktober 2020 di Vietnam, dan garansinya baru berakhir pada Oktober 2021.

Baca juga: Uji Jatuh iPhone 13 Vs Nokia 3310, Siapa Lebih Tangguh?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut laporan Business Insider yang dirangkum KompasTekno dari Tech Times, Senin (25/10/2021), Kim menghubungi layanan Apple untuk meminta perbaikan pada ponselnya.

Kim yang saat itu sedang berada di Amerika Serikat, mengaku ada masalah kartu SIM di iPhone 12 miliknya.

Apple pun meminta Kim mengirim iPhone 12-nya ke Apple Store resmi, dan Kim pun memenuhinya. Akan tetapi, Apple kemudian mengatakan bahwa iPhone 12 yang masih dalam masa garansi itu tidak bisa diperbaiki, karena menurut Apple iPhone tersebut telah "dirusak".

Kim lantas menanyakan apa yang menyebabkan iPhone-nya rusak, tapi pihak Apple disebut tidak memberikan jawaban. Mereka pun mengirim kembali iPhone tersebut ke Kim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.